Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel

Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini menjadi hal yang harus terus menerus dikembangkan. Salah satu inovasi pengembangan internet adalah Starlink milik perusahaan Elon Musk – yaitu SpaceX. Starlink sendiri merupakan layanan internet berbasis satelit.

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel

Teknologi ini hadir untuk menyediakan akses internet berkecepatan tinggi ke daerah yang tidak dijangkau oleh internet. Pada tahun 2022 lalu, konstelasi Starlink terdiri lebih dari 3.000 Satelit. Namun, di tahun 2023 ini Elon Musk menginginkan hal yang lebih – yaitu dapat memungkinkan pengguna menghubungkan ponsel langsung ke jaringan ini!

Bakal kayak apa jalan kerjanya Starlink ke ponsel ini nantinya? Simak aja selengkapnya di bawah ini!

Menghubungkan Jaringan Satelit Langsung ke Ponsel

Seperti yang sudah disebutkan di atas, SpaceX berencana untuk membuat jaringan satelitnya langsung ke penggunanya. Saat ini, pengguna Starlink sudah berjumlah sekitar 5.000 pengguna pada Juni 2022 lalu.

Untuk menggunakan layanan Starlink, pengguna harus memiliki peralatan berupa antena dan receiver. Namun pada rencana di 2023nya ini, SpaceX sedang mengerjakan teknologi yang memungkinkan pengguna untuk menyambungkan jaringan langsung ke ponsel tanpa menggunakan peralatan khusus. Sehingga hal ini akan memudahkan para pengguna untuk mengakses jaringan berkecepatan tinggi langsung dari luar angkasa.

Telah Mengajukan Aplikasi ke FCC AS

Demi mewujudkan resolusi 2023nya ini, SpaceX telah mengajukan permohonan pembuatan aplikasi ke Komisi Komunikasi Federan Amerika Serikat (FCC) untuk melengkapi beberapa satelit generasi keduanya dengan hardware “direct-to-cellular”. Yang di mana alat inilah yang akan membantu kinerja jaringan internet dengan kecepatan tinggi dari satelit luar angkasa dapat dinikmati oleh para penggunanya.

SpaceX sendiri berharap bahwa persetujuan ini akan segera disetujui. Karena SpaceX berharap dapat menyediakan layanan suara, perpesanan, serta jelajah web dasar kepada para penggunanya dengan kecepatan maksimal hingga 18,3 Mbps pada downlink.

Akan Bekerjasama dengan T-Mobile

Aplikasi yang telah diajukan ke FCC AS ini merupakan langkah utama untuk mewujudkan internet super cepat dari Starlink itu sendiri. Dalam masa penyelesaian misi ini, SpaceX berencana untuk menawakan layanan ini kepada T-Mobile. Pada bulan Agustus 2022 lalu, SpaaceX mengumumkan rencana untuk menghubungkan dua jaringan data dalam upaya memberantas zona mati mobile di Amerika Serikat.

Wah, menarik sekali pengembangan internet dari SpaceX ini ya! Kamu bisa bermain game dan download banyak hal tanpa perlu takut gagal karena internet lambat. Kalau layanan baru dari SpaceX ini sudah diluncurkan, apakah kamu tertarik untuk menggunakannya? (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Technology Jun 06, 2022

Memasuki Masa Uji Coba, Instagram Persiapkan Fitur NFT untuk Para Kreator


Jakarta, Retinad.com – Instagram merupakan salah satu media sosial milik...

Technology Feb 08, 2022

Memasuki Uji Coba, Instagram akan Rilis Fitur Paid Subscriptions!


Jakarta, Retinad.com – Instagram menjadi salah satu sosial media yang...

Technology Apr 14, 2022

Akan Segera Diluncurkan di Indonesia, Kemudahan Jaringan 5G akan Mengubah Hidupmu!


Jakarta, Retinad.com – Di era di mana teknologi semakin berkembang...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

Digital Marketing Jan 10, 2023

Dinilai Menguntungkan, ini Alasan Mengapa Bisnis Web Developer sedang Meningkat


Jakarta, Retinad.com – Perkembangan teknologi saat ini mengharuskan bisnismu untuk...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.