Lifestyle Jan 30, 2022

5 Tips Menjaga Produktivitas dengan Menenangkan Diri

Jakarta, Retinad.com – Menenangkan diri dari pikiran yang menganggu ketika bekerja memang menjadi hal yang penting. Jika tetap terganggu dengan pikiran lain, tentunya kamu tidak akan produktif dan fokus dalam bekerja. Alhasul, kesehatan dan imunitas tubuh akan terganggu.

5 Tips Menjaga Produktivitas dengan Menenangkan Diri

Rasa gelisah yang tiba-tiba melanda ketika sedang bekerja ini tentunya akan menghambat aktivitasmu. Untuk menenangkan pikiran secara sesaat, cobalah untuk lakukan hal di bawah ini!

Mengatur Pernapasan 

Cara paling umum yang bisa dilakukan ketika sedang merasa gelisah adalah dengan mengatur ritme napasmu. Lakukanlah dengan menarik napas dari hidung dan keluarkanlah dari mulut. Mengatur pernapasan ini niscaya dapat membuatmu menenangkan pikiran menjadi lebih rileks.

Jika ingin menenangkan pernapasan secara tuntas, lakukanlah ritme napas tersebut hingga perasaanmu lega dan nyaman. Dengan mengatur pernapasan, kamu dapat membantu oksigen dengan banyak mengalir ke otak, sehingga akan muncul perasaan nyaman kembali dan siap untuk beraktivitas kembali.

Mencari Tempat Sunyi

Ketika cemas dan kacau, kamu harus mencoba menenangkannya dengan cara pergi ke tempat yang sunyi. Kamu dapat pergi ke suatu tempat di sekitarmu yang sekiranya dapat menjadi tempatmu untuk bersendiri dan menenangkan pikiran – seperti toilet.

Untuk menenangkan pikiran ini, cobalah untuk berada di tempat sepi tersebut selama beberapa menit. Coba memvalidasi pikiranmu dan menenangkan pikiran dengan memberi afirmasi terhadap diri sendiri. Jika sudah merasa tenang, kamu bisa kembali beraktivitas untuk menyelesaikan tanggung jawab yang ada.

Luapkan Perasaanmu

Ketika sedang gelisah, cemas, atau bahkan kesal yang sudah menganggu, sebaiknya kamu mulai mengungkapkannya pada orang lain. Meluapkan perasaan dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang. Hubungilah teman terdekat agar perasaanmu menjadi terluapkan. Setelah selesai mengeluarkannya, kamu sudah merasa lebih tenang dan dapat kembali beraktivitas.

Mengalihkan Pikiran ke Hal Positif

Rasa yang membuat hati tidak nyaman juga dapat dilakukan dengan mengalihkan pikiran ke hal yang positif. Cobalah untuk berolahraga selama 15 menit jika kamu merasa cemas saat tidak berada di lingkungan yang ramai. Berolahraga dipercaya dan mampu dapat membantu tubuh melepaskan hormon endorfin yang membuat diri menjadi tidak nyaman.

Olahraga secara rutin juga dapat membuat suasana hati dan perasaan menjadi lebih stabil, bekerja lebih fokus, dan dapat mengontrol pola tidur. Untuk itu, penting bagimu tetap berolahraga selama 250 menit selama seminggu – agar kontrol diri menjadi lebih baik.

Itulah empat cara yang dapat dilakukan untuk menenangkan pikiran jika diri merasa tidak dapat bekerja karena hal yang tidak bisa dikontrol. Semangat untuk memulai minggu yang lebih baik ya! (PRIL/RETINAD


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Nov 23, 2021

Buat Pemula, Ini 5 Film Dokumenter Cryptocurrency untuk Belajar Investasi


Jakarta, Retinad.com - Di masa pandemi ini, sebagian besar orang...

Lifestyle Jun 24, 2022

Berikan Self Reward untuk Dirimu di Akhir Bulan: Tanpa Perlu Uang!


Jakarta, Retinad.com – Waktu berjalan begitu cepat, sampai kamu tidak...

Lifestyle Nov 20, 2021

Weekend Bernostalgia dengan Main 5 Game Jadul di Smartphone Ini


Jakarta, Retinad.com – Para kaum milenial saat ini pasti sangat...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.