Lifestyle Jan 29, 2022

Daya Tarik Wisata Diprediksi akan Berubah, Simak Selengkapnya Di Sini!

Jakarta, Retinad.com – Selama hampir 2 tahun, ruang gerak masyarakat menjadi terbatas akibat pandemi yang melanda. Hal ini juga berpengaruh pada banyak sektor bisnis, salah satunya adalah industri pariwisata. Dengan keadaan yang mengharuskan masyarakat menghabiskan waktu di rumah, peminat pariwisata pun menjadi sangat berkurang.

Daya Tarik Wisata Diprediksi akan Berubah, Simak Selengkapnya Di Sini!

Namun, sejak satu tahun terakhir industri pariwisata sudah mulai bangkit. Semenjak pandemi melanda, banyak hal yang berubah dan harus menyesuaikan. Begitu juga dengan daya tarik pariwisata yang menyesuaikan dengan keadaan pandemi.

Untuk itu, jika kamu memiliki bisnis di bidang ini – ada baiknya untuk memahami tren pariwisata di tahun 2022. Yuk, kenali trennya dengan memahaminya di bawah ini!

Mementingkan Prinsip Clean, Healthy, Safety, & Environment Sustainability

Pandemi yang melanda membuat tren wisata mengalami perubahan yang drastis. Dari minat yang viral dana ramai, saat ini orang akan mengunjungi tempat yang lebih mengutamakan keamanan dan keselamatan. 

Survei mengungkapkan, sebanyak 86,2% dari 2009 responden mengatakan sangat mempertimbangkan kebersihan, kesehatan, keamanan, dan keberlanjutan lingkungan dalam perjalanan wisatanya. Hal ini membuktikan bahwa protokol kesehatan menjadi daya tarik wisata di 2022 ini.

Konsep Wellness Tourism

Kondisi pandemi membawa banyak orang mulai sadar akan kesehatan mental. Wellness tourism adalah konsep daya tarik wisata yang tidak hanya bertujuan untuk refreshing saja, namun juga mengarah pada wellbeing – yaitu treatment yang mengarah pada penyembuhan kesehatan ini.

Daya tarik wisata wellness tourism menawarkan wisata yang membuatmu lebih rileks. Seperti kelas healing trip yang ditemani psikolog atau konselor, herbal tourism yang membuatmu lebih mengenal rempah-rempah herbal yang baik untuk ketenangan diri, dan lain-lainnya.

Konsep Wisata Alam Bebas

Selain kesehatan, di pandemi ini para pengunjung pariwisata juga lebih menikmati tempat wisata dengan daya tarik berkonsep alam bebas. Semenjak pandemi melanda, banyak orang yang merasa lebih aman tetap berada di tempat yang sirkulasi udaranya terbuka, seperti alamSebanyak 87% responden mengungkapkan bahwa penginapan camping atau glamping di alam terbuka menjadi daya tarik wisata semasa pandemi. 

Wisata Staycation

Kebiasaan work from home ternyata membawa dampak yang cukup signifikan pada destinasi pariwisata. Secara tidak langsung, pandemi juga mengubah sistem kerja dengan menerapkan work from home. Dengan kebiasaan ini, masyarakat menjadi tidak terbatas untuk melakukan kegiatan sambil bekerja.

Kegiatan tersebut dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan – yaitu staycation. Staycation merupakan salah satu kegiatan liburan yang menyediakan fasilitas atau perjalanan yang work-friendly. Kamu bisa tetap pergi berlbur sambil bekerja. Menyenangkan, bukan?

Pandemi yang membuat sebagian besar orang mengubah kebiasaannya ini ternyata juga membuat industri pariwisata ikut menyesuaikan. Dari keempat daya tarik ini, mana yang paling menarik perhatianmu? (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Nov 20, 2021

Weekend Bernostalgia dengan Main 5 Game Jadul di Smartphone Ini


Jakarta, Retinad.com – Para kaum milenial saat ini pasti sangat...

Lifestyle Apr 10, 2020

Ingin Tetap Produktif Ketika WFH? Simaklah 4 Tips yang Ampuh Ini!


WFH atau Work From Home memang menjadi kebiasaan baru di...

Lifestyle Jan 23, 2022

Bosan di Akhir Pekan? Ini 5 Rekomendasi Game Nintendo Switch untuk Mengisi Waktu Luang


Jakarta, Retinad.com – Nintendo Switch merupakan salah satu game konsol...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.