Lifestyle Feb 16, 2022

Mengenal Early Bird & Night Owl: Yang Manakah Kamu?

Jakarta, Retinad.com – Setiap orang tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda, begitu juga dengan waktu produktif serta waktu istirahat seseorang. Setiap pribadi memiliki waktu produktifnya sendiri. Perbedaan kebiasaan ini disebut dengan istilah early bird dan night owl.

Mengenal Early Bird & Night Owl: Yang Manakah Kamu?

Early bird merupakan seseorang yang cenderung lebih aktif di pagi hari, sedangkan night owl akan lebih produktif di malam hari. Namun, tidak ada yang salah dengan keduanya – karena memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. 

Yuk, simak ulasan early bird dan night owl di bawah ini!

Memaksimalkan Jam Produktif

Seperti namanya, seseorang yang early bird akan cenderung lebih produktif saat pagi hari. Orang dengan tipe ini akan lebih fokus dan konsentrasi dalam menjalankan aktivitas dari pagi sampai siang hari. Ketika hari sudah beranjak sore, produktivitas akan menurun. Hingga di malam hari, energinya sudah mulai habis.

Sebaliknya, tipe night owl akan cenderung lebih produktif di malam hari. Sehingga tipe ini akan memiliki banyak energi di jam-jam di saat orang lain beristirahat.  Fokus dan konsentrasi dalam beraktivitas pun meningkat di malam sendiri. Sehingga akan lebih cocok untuk bekerja di malam hari.

Perbedaan Gaya Hidup

Tipe early bird akan lebih hidup produktif di siang hari dan tidur lebih awal saat malam hari. Untuk itu, orang dengan tipe ini akan bangun pagi-pagi sekali bahkan banyak yang bangun saat matahari belum terbit. Waktu pagi akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk beraktivitas.

Pada tipe night owl, kamu akan terjaga di malam hari hingga matahari terbit – atau cenderung untuk melakukan begadang. Tipe ini tidak mengenal sarapan, mereka akan menggunakan waktu detik-detik matahari terbenam untuk menyelesaikan pekerjaannya. Sehingga tipe ini akan sangat sulit untuk bangun di pagi hari.

Menyesuaikan dengan Profesi yang Dimiliki

Memiliki energi yang muncul di malam hari akan membuat night owl lebih produktif dalam menyampaikan ide. Tipe night owl akan sangat cocok untuk para pekerja kreatif yang tidak memiliki jam pasti dalam bekerja – seperti seniman, penulis, maupun desainer. Jam malam menjadi waktu yang tepat untuk menghasilkan ide-ide baru bagi pekerja kreatif.

Sedangkan untuk tipe early bird sangat cocok untuk bekerja di kantoran dengan jam kerja yang tetap pada 9-5 sore atau sering disebut 925. Pekerjaan sejenis ini dapat ditemukan di berbagai tempat – karena early bird memang dialami oleh sebagian besar orang.

Menjadi early bird atau night owl bukanlah sebuah masalah. Memang, tidak semua orang cocok dengan konsep ‘'bangun pagi' dan begitu pula sebaliknya. Yang paling penting, kamu dapat memanfaatkan produktivitas dan menjaga kesehatan dengan baik. (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Jan 09, 2022

Menikmati Rasa Kopi dengan Takaran Flavor Wheel: Ini Penting, Lho!


Jakarta, Retinad.com – Menikmati kopi tidak hanya sekedar tampilan dan...

Lifestyle Oct 14, 2022

5 Destinasi Wisata di Kota Tua Jakarta yang Anti Mainstream


Jakarta, Retinad.com – Kawasan Kota Tua Jakarta merupakan salah satu...

Lifestyle Sep 12, 2021

Para Penikmat Kopi, Apakah Sudah Mencoba Home Brewer?


Jakarta, Retinad.com – Budaya meminum kopi di Indonesia memang sudah...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.