Digital Marketing Jul 22, 2022

5 Hal yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen untuk Mengetahui Strategi yang Tepat

Jakarta, Retinad.com – Salah satu kunci kesuksesan dalam berbisnis adalah dengan mengenal perilaku konsumen dan menjaga loyalitasnya. Hal ini penting untuk dipahami agar strategi bisnismu dapat terbentuk dengan baik.

5 Hal yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen untuk Mengetahui Strategi yang Tepat

Terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian produk. Untuk mengetahuinya agar bisnismu semakin baik, cobalah untuk membaca artikel ini sampai habis!

1.       Faktor Kebudayaan

Kebudayaan merupakan salah satu faktor yang sering mempengaruhi perilaku konsumen untuk memutuskan keputusan pembelian. Peran penting budaya dapat membentuk kebiasaan seseorang yang secara tidak langsung diwariskan secara turun menurun.

Sebelum terjun ke dalam suatu usaha, kamu perlu mengenai karakter dari mayoritas orang yang ada di tempat bisnismu ataupun konsumenmuu. Mengenali sebuah budaya dapat dilakukan dengan riset pasar yang dilakukan secara berkala.

2.       Faktor Komunitas

Komunitas menjadi segmentasi konsumen untuk mempengaruhi perilaku dan kebiasaan dalam membeli produk. Kelompok sosial dapat menjadi kesatuan sosial, sehingga konsumen dapat berintreraksi satu sama lain. Mengenali kelompok sosial patut untuk dilakukan demi keberlangsungan bisnismu.

Komunitas akan memiliki pengaruh terhadap barang yang akan dibeli – apakah barang tersebut sudah sesuai dengan nilai yang dianut oleh konsumen. Sehingga, hal ini dapat menjadi faktor penting untuk kamu ketahui dalam mempelajari perilaku konsumen.

3.       Branding Product

Produk yang dapat dikenal dan diingat oleh konsumen adalah produk yang memiliki branding baik. Branding menjadi faktor yang dapat mempengaruhi seseorang untuk berbelanja. Motivasi merupakan kunci dari konsumen untuk mendorong kegiatan yang akan dijual.

Produk dengan branding yang baik akan mendatangkan konsumen lebih banyak dibandingkan branding yang buruk. Brand yang berkualitas akan memasarkan produknya dengan branding yang baik untuk menarik konsumen.

4.       Persepsi Konsumen

Persepsi konsumen adalah hasil penafsiran yang dimiliki konsumen berdasarkan informasi dan pengalaman yang terjadi. Konsumen mendapatkan persepsi yang baik dari suatu produk, sehingga konsumen akan mencoba dan memakai produk secara berlanjut.

Persepsi akan berpengaruh terhadap konsumen dan membimbing secara tidak langsung melalui tingkah laku tersebut. Sikap konsumen terhadap suatu produk atau merek dapat mempengaruhi pembelian dan penggunaan suatu produk.

5.       Kualitas Produk

Terlepas dari kebiasaan konsumen, kualitas produk menjadi salah satu kunci dalam mendapatkan pelanggan. Kualitas yang baik dalam sebuah produk dapat membuat konsumen dapat membeli produk lebih dari satu kali.

Mengiklankan sebuah produk dalam jumlah besar tidak akan berarti jika kamu tidak memiliki kualitas yang baik. Konsumen tidak akan datang dua kali jika produknya tidak sesuai dengan yang diiklankan. Jadi, ciptakan persepsi yang baik dengan menyajikan kualitas produk yang baik pula.

Itulah kelima hal yang dapat dilakukan untuk mengetahui perilaku konsumen dan membuat strategi bisnis menjadi lebih berkembang. Hal mana yang membuatmu menyadari? (PRIL/RETINAD)

 


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Apr 28, 2020

Pemasaran Online dan Digital Branding Jadi Pilihan Ketika Pandemi Covid-19


Menghadapi pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini, para pebisnis mulai...

Digital Marketing Dec 20, 2022

Psikologi Harga: 5 Trik buat Promo Harga jadi lebih Menarik


Jakarta, Retinad.com – Tujuan utama dalam sebuah strategi marketing adalah...

Digital Marketing Apr 21, 2022

Menjelang Lebaran, Intip 5 Ide Konten Lebaran untuk Marketing Bisnismu!


Jakarta, Retinad.com – Untuk menciptakan merek yang menarik serta kuat,...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.