Customer Loyalty Jul 13, 2022

Pandemi Berangsur Berakhir, Tetap Jaga Loyalitas Konsumen dengan Cara Ini!

Jakarta, Retinad.com – Pandemi yang berlangsung semenjak 2019 telah perlahan berangsur menjadi endemi. Hal ini juga akan memengaruhi kebiasaan masyarakat untuk melakukan pembelian. Kondisi ini tentunya perlu untuk kamu perhatikan agar dapat menyediakan strategi marketing yang tepat.

 

Pandemi Berangsur Berakhir, Tetap Jaga Loyalitas Konsumen dengan Cara Ini!

Kebiasaan selama pandemi yang membuat masyarakat bergantung pada teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari ini membuat konsumen lebih selektif dalam menentukan produk. Meskipun pandemi berangsur berakhir, loyalitas konsumen tidak boleh berakhir. Cobalah membaca artikel ini sampai habis untuk mengetahui cara mempertahankan loyalitas konsumen!

  1. Terus Beradaptasi dengan Perilaku Konsumen

Terjadinya perubahan perilaku konsumen selama pandemi tidak dapat dipungkiri. Dengan faktor yang beragam, bisnismu harus tetap pro-aktif dengan adaptasi yang terjadi. Jika kamu menjual produk, mungkin dapat melakukan pendekatan via marketplace. 

Kamu juga dapat mengembangkan inovasi produk dengan menggunakan strategi marketing melalui sosial media. Kamu juga dapat memberikan penawaran menarik sesuai dengan perilaku konsumenmu. Untuk menentukan ini, kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu.

  1. Tetap Terhubung dengan Konsumen melalui Sosial Media

Seperti yang sudah disinggung di atas, kamu perlu mendekatkan diri pada konsumen untuk menunjukan eksistensimu. Media sosial menjadi salah satu cara yang pasti untuk dikembangkan dalam meningkatkan engagement dengan konsumen.

Kamu dapat mendapatkan online presence dengan konten yang membuat konsumen merasa relevan dan tetap terhubung dengan produkmu. Kamu juga bisa melibatkan konsumen dalam konten yang dibuat. Tidak hanya mempromosikan produk, sosial media juga menjadi media yang membuatmu tetap terhubung.

  1. Menjaga Kualitas Layanan

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan loyalitas konsumen adalah dengan tetap menjaga kualitas layanan. Konsumen banyak mencari cara yang praktis untuk berbelanja, sehingga berikanlah pelayanan terbaikmu pada konsumen – baik secara online maupun offline.

Berikanlah informasi terkini terkait bisnismu pada konsumen secara berkala – seperti promosi, stok, atau pelayanan lainnya yang memudahkan konsumen untuk mendapatkan produkmu. Kamu juga bisa menawarkan metode pembayaran yang praktis agar konsumen semakin tertarik pada produkmu.

  1. Tunjukkan Kepedulian pada Konsumen

Menurut riset, 55% konsumen merasa senang apabila brand membantu konsumen pada produk yang diinginkan. Ada banyak cara yang bisa brand lakukan untuk menunjukkan kepedulianmu dengan konsumen. Misalnya dengan mendekatkan diri melalui sosial media.

Kamu bisa memberikan konten inspiratif dan awareness kepada konsumen. Agar lebih dekat, kamu juga bisa menggunakan email yang di blast ke seluruh konsumenmu. Tunjukkan kepedulianmu lewat komunikasi yang dibangun dengan konsumen. 

RETINAD merupakan salah satu pilihanmu untuk dapat mempertahankan loyalitas konsumen, lho. RETINAD akan membantumu untuk mendapatkan survey konsumen dan membuatmu lebih mengenal konsumenmu. Itulah keempat hal yang perlu dilakukan untuk menjaga loyalitas konsumen dari bisnismu. Jadi, bagaimana kamu akan mempertahankan loyalitas konsumenmu? (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Customer Loyalty Feb 17, 2022

Semenjak Pandemi, ini 4 Perubahan Perilaku Konsumen yang Harus Diketahui!


Jakarta, Retinad.com – Pandemi yang sudah 2 tahun melanda membuat...

Customer Loyalty Mar 20, 2020

Tips Naikkan Jumlah Pengunjung Kafe, Salah Satunya Berlangganan Wifi Cepat


Bisnis kuliner dianggap cukup menjanjikan bagi banyak orang saat ini....

Customer Loyalty Apr 29, 2020

Berikut 4 Perubahan Besar Perilaku Konsumen Terkait Pandemi Covid-19


Terkait dengan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung ini, ada beberapa...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.