Digital Marketing Aug 23, 2022

Sudah Tahu tentang Business Plan? Penting untuk Kamu yang Mau Buka Bisnis!

Jakarta, Retinad.com – Memulai suatu bisnis bukanlah hal yang mudah. Untuk memulainya, kamu perlu melakukan perencanaan dan persiapan secara matang. Menyiapkan hal ini juga perlu langkah panjang. Maka, sangat penting untukmu melakukan business plan!

Sudah Tahu tentang Business Plan? Penting untuk Kamu yang Mau Buka Bisnis!

Business plan bukanlah sesuatu yang hanya dijalankan oleh bisnis berskala besar aja. Apapun bidang bisnisnya, terlepas dari skala bisnisnya, business plan merupakan hal yang penting untuk memandumu agar berjalan dengan lancar. 

Jika kamu berniat membuka bisnis, pastikan kamu membaca halaman ini sampai habis ya!

Melakukan Business Research

Sebelum membuat business plan dan merencanakan hal-hal lain pada bisnismu, ada baiknya untukmu melakukan business research atau bisnis riset terlebih dahulu. Riset diperlu dilakukan sebagai dasar dari rencana bisnis yang akan dijalankan kelak.

Riset bisnis dilakukan untuk memperhatikan sebuah bisnis secara mendalam. Yang paling penting, kamu harus menganalisa produk dan mencari tahu kelebihan serta kekurangan kompetitor – agar dapat mengetahui celah yang dapat dimanfaatkan oleh bisnismu. Hasil riset ini juga membuatmu lebih mengetahui kemungkinan kendala yang akan dihadapi.

Menentukan Target Bisnis

Sebelum merancang business plan, kamu perlu mengetahui target pada jenis bisnis yang akan kamu jalani. Target penting ditentukan untuk menjadi acuanmu dalam merangkai latar belakang, jenis bisnis, serta strategi penjualan yang akan digunakan.

Target bisnis menjadi tujuan utama bagaimana kamu mengharapkan bisnismu dapat berjalan. Karena di mana ada tujuan, disitulah ada keputusan tepat. Nah, untuk menentukan target – pastikan kamu sudah meriset dengan baik ya!

Membuat Company Profile

Company profile merupakan salah satu hal penting yang harus masuk ke dalam business plan-mu. Umumnya, company profile akan ditujukan di halaman depan business plan. Karena company profile akan menjadi detail yang utama dan jelas.

Tujuan utama dari company profile sesungguhnya adalah untuk menampilkan perkenalan secara umum mengenai bisnismu kepada calon investor. Kamu harus meyakinkan calon investor mengenai bisnismu agar mereka yakin memasukkan dananya kepada bisnismu. Jadi, buatlah dengan tepat ya!

Membuat Strategi Marketing

Tidak kalah penting, strategi marketing juga menjadi salah satu hal yang harus dibangun pada business plan-mu. Perencanaan marketing ini harus dipikirkan matang-matang, karena penjualanlah yang menentukan bisnismu terlaksana dengan baik atau tidak.

Menentukan strategi marketing juga akan membawa dampak positif pada bisnismu – karena akan lebih mudah dikenal. Cobalah untuk membuat timeline dari strategimu agar lebih teratur, dan agendakan kegiatan yang akan dilakukan selama satu tahun ke depan.

Menjadi seorang pebisnis menjadikanmu menjadi seseorang yang visioner pula. Jika ingin membangun bisnis, cobalah pasarkan bisnismu di iklan RETINAD! Silahkan hubungi kontak di bawah ini atau hubungi kami di Instagram dan Facebook, ya! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Nov 09, 2021

Ingin Memulai Bisnis? Ini 4 Etika yang Harus Diterapkan!


Jakarta, Retinad.com – Bisnis menjadi hal yang saat ini cukup...

Digital Marketing Aug 29, 2022

Agar Bisnis Semakin Laris, Yuk Kenali Business Partnership!


Jakarta, Retinad.com – Bisnis tidak dapat terbangun begitu saja, ada...

Digital Marketing Dec 15, 2021

Kenali 3 Jenis Direct Marketing yang Bisa Langsung Diterapkan pada Bisnismu


Jakarta, Retinad.com – Seorang pelaku bisnis tentunya kamu perlu memahami...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.