Technology Oct 11, 2022

Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Antara VPN dengan Proxy

Jakarta, Retinad.com – Sebagai pengguna aktif internet, terdapat beberapa istilah dan fitur dalam internet yang kamu ketahui. Seperti contohnya VPN dengan Proxy. Keduanya memungkinkan para pengguna untuk menjelajahi situs dari lokasi yang tidak bisa dikunjungi. Namun ternyata, keduanya berbeda, lho!

Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Antara VPN dengan Proxy

Apakah kamu juga baru mengetahui hal ini? Jika iya, kamu berada di halaman yang tepat. Karena di artikel ini, RETINAD akan membahas perbedaan dari VPN dengan Proxy. Pastikan kamu membacanya sampai habis ya!

Mengenal VPN 

VPN dan Proxy merupakan dua hal yang sering berdampingan dalam perjalanan Internet. Sebagian orang menganggap kedua hal ini sama, namun ternyata dalam praktiknya kedua hal ini sangat berbeda. Pada dasarnya, VPN dan Proxy memang memiliki kesamaan – yaitu memungkinkan pengguna untuk menjelajajhi sebuah situs yang berasal dari lokasi yang berbeda dan tidak memungkinkan untuk dikunjungi dengan aman. 

VPN sendiri merupakan Virtual Private Network, yang memungkinkanmu untuk menjelajahi web secara pribadi dan aman dengan tingkat enkripsi yang terlibat antara pengguna dengan penyedia VPN. Meskipun begitu, VPN memiliki kekurangan. Karena ada banyaknya layanan streaming dan aplikasi modern dapat mendeteksi VPN. Hal itu dikarenakan sebagian besar aplikasi VPN populer menggunakan kembali daftar alamat IP yang sama. 

Mengenal Proxy

Lebih sederhana dari VPN, Proxy hadir dengan menyembunyikan alamat IP mu, meskipun tidak banyak. Namun, Proxy tdak dienkripsi, ISP, dan pemerintah berpotensi untuk ‘mengintip’ semua traffic jaringanmu. Dengan tidak terinkripsi, peretas juga dapat dengan mudah mendapatkan lokasimu sebenarnya.

Proxy juga menawarkan fleksibilitas yang cukup mudah karena dapat diatur dalam browser tertentu. Kekurangannya, Proxy tidak berbayar selayaknya VPN – sehingga dapat lebih mudah diretas dan oknum tidak bertanggung jawab menjual datamu.

Perbedaan VPN dengan Proxy

Secara garis besar, VPN akan mengenkripsi data dan mengambil alih seluruh perangkat yang digunakan – yang artinya, di setiap byte data yang keluar dari perangkatmu akan terenkripsi selama VPN telah aktif dan diatur dengan benar. Sedangkan Proxy akan membuat alamat IP-mu terlihat di tempat lain, sehingga lebih mudah diretas. Proxy lebih cocok untuk tugas dengan prioritas rendah, sedangkan VPN dengan jangkauan yang lebih luas dan private. 

Sekarang kamu sudah mengetahui perbedaan VPN dengan Proxy, kan? Kalau begitu, kamu sekarang dapat menggunakan keduanya dengan lebih bijak. Yuk, ketahui lebih banyak serba-serbi di Internet dengan RETINAD! (PRIL/RETINAD)

 


Categories

RELATED ARTICLES

Technology Dec 09, 2022

4 Keungggulan iPhone 14 yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli


Jakarta, Retinad.com – iPhone menjadi salah satu smartphone yang paling...

Technology Apr 14, 2020

Perpaduan antara Platform WiFi dan POS System Kamu Merupakan Langkah yang Tepat!


Memadukan antara platform WiFi dengan POS System kamu merupakan langkah...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.