Digital Marketing Mar 26, 2020

6 Tips Mudah Tingkatkan Penjualan Bisnis Via Instagram

Bagaimana cara meningkatkan penjualan bisnis via instagram? Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan? Silakan cek jawabannya di bawah ya!

6 Tips Mudah Tingkatkan Penjualan Bisnis Via Instagram

Kemajuan teknologi telah memberi banyak kemudahan kepada para pelaku bisnis. Saat ini, kamu bisa memanfaatkan kehadiran media sosial untuk mengembangkan bisnis yang ditekuni. Salah satu contoh media sosial yang pas dijadikan alat untuk memasarkan produk adalah Instagram.

Situs jejaring sosial berbasis foto dan video ini menawarkan banyak fitur menarik kepada penggunanya. Pelaku bisnis tentu bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Bagaimana cara terbaik mengelola instagram untuk keperluan bisnis? Berikut adalah 6 tips mudah meningkatkan penjualan bisnis lewat instagram. Silakan dicek ya!

 

1. Memaksimalkan Fitur Instagram secara Konsisten

6 Tips Mudah Tingkatkan Penjualan Bisnis Via Instagram. Photo Credit: sendible.com

Di Instagram, kamu bisa memanfaatkan banyak fitur keren untuk mengembangkan usaha bisnis. Pelaku bisnis dapat memulainya dengan mengganti tampilan Instagram menjadi personal business. Hal ini tentu perlu diterapkan untuk feed instagram serta instagram story. Oke?

Gunakan setiap fitur yang ada untuk mempromosikan produk kamu dengan baik. Para pelaku bisnis juga disarankan untuk menghubungkan akun instagram dengan situs atau halaman facebook resmi usaha yang digeluti. Tujuannya agar para calon konsumen semakin percaya dan tertarik membeli produk usaha kamu.

 

2.  Mengelola Tampilan Feed Instagram dengan Baik

6 Tips Mudah Tingkatkan Penjualan Bisnis Via Instagram. Photo Credit: skedsocial.com

Tampilan feed instagram bakal memengaruhi cara pandang dan penilaian orang-orang terhadap produk bisnis kamu lho. Oleh sebab itu, atur tampilan feed instagram menjadi lebih menarik dan estetis agar orang-orang semakin berminat membeli produk kamu. Mereka yang terpikat dengan tampilan produk kamu tentu bakal lebih cepat melakukan pemesanan.

Sebelum memposting, cobalah untuk menambahkan filter pada foto agar produk kamu terlihat lebih menawan. Edit-lah foto produk kamu hingga nampak indah supaya pengikut kamu tak ragu melakukan pembelian. Jangan lupa manfaatkan aplikasi edit foto gratis untuk mempercantik foto kamu di instagram ya!

 

3. Bermitra dengan Influencer

6 Tips Mudah Tingkatkan Penjualan Bisnis Via Instagram. Photo Credit: imgix.net

Setiap pelaku bisnis tentu ingin membuat orang lain tertarik terhadap produk atau brand-nya. Sebelum berpikir ke situ, penjual hendaknya menjadi orang pertama yang menyukai atau bangga atas produknya sendiri. Jika perlu kamu sebaiknya juga sudah menggunakan produk sendiri sebelum dijual ke pasaran.

Nah, salah satu strategi untuk mempopulerkan produk atau barang jualan kamu di instagram adalah dengan menggunakan jasa influencer yang punya banyak pengikut. Carilah influencer terkenal yang punya karakteristik sesuai produk jualan kamu. Hal ini akan meyakinkan orang-orang untuk membeli produk kamu tanpa ragu.

Sebagai contoh, kamu berniat memasarkan produk kecantikan. Pelaku bisnis tentu bisa menggunakan jasa beauty influencer untuk mempromosikan barang kamu di hadapan orang banyak. Bentuk kerja samanya pun bisa dilakukan dalam banyak hal, entah itu postingan feed instagram atau postingan story.

 

4. Memanfaatkan Kehadiran Tagar saat Menulis Keterangan Foto

6 Tips Mudah Tingkatkan Penjualan Bisnis Via Instagram. Photo Credit: medium.com

Selain foto, pelaku bisnis juga disarankan berfokus pada penggunaan tagar pada postingan. Kehadiran tagar akan memudahkan orang-orang untuk menemukan produk atau barang jualan kamu. Maka dari itu, jangan lupa tulis tagar yang cocok untuk foto produk kamu supaya dapat menjangkau konsumen lebih luas.

Penambahan tagar pada keterangan foto juga membuka peluang produk kamu untuk viral di Instagram. Bukan tidak mungkin ‘kan produk kamu dicari banyak pengguna media sosial yang tengah bersantai. Gunakan tagar secukupnya saja, tidak terlalu sedikit atau tidak terlalu banyak. Hal ini dimaksudkan supaya pencarian orang terhadap produk kamu dapat berjalan mudah.

 

5. Memakai Template Menarik

6 Tips Mudah Tingkatkan Penjualan Bisnis Via Instagram. Photo Credit: befunky.com

Filter rasanya tidak cukup untuk membuat orang-orang tertarik terhadap produk kamu. Pelaku bisnis juga sebaiknya memakai template agar tampilan foto produk kamu terlihat rapi. Buatlah desain template yang menarik serta mampu menggambarkan kesan tertentu.

Jika kesulitan mendesain, kamu bisa mengunduh aplikasi gratis yang menyediakan banyak template. Tampilan template yang unik tentu bakal menjaring atensi masyarakat. Dengan begitu, perhatian orang-orang pun bisa tertuju pada produk kamu secara lebih mudah.

 

6. Menyiapkan Jadwal Konten

6 Tips Mudah Tingkatkan Penjualan Bisnis Via Instagram. Photo Credit: pixlee.com

Pengelolaan akun Instagram yang terorganisir tentu dapat meningkatkan penjualan bisnis kamu. Susunlah jadwal posting barang yang akan dipromosikan secara rapi dan teratur. Semakin rajin memposting, maka hasilnya tentu akan menjadi lebih baik.

Dalam hal ini, persistensi menjadi kunci untuk merebut hati pelanggan. Orang-orang tentu akan lebih tertarik membeli suatu produk bila media sosial bisnis kamu aktif. Mereka bakal melihat hal ini sebagai bukti bahwa kamu memang benar-benar serius berbisnis. Kepercayaan pelanggan terhadap produk kamu pun bertambah.

Demikian 6 tips mudah meningkatkan penjualan bisnis lewat instagram. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya buat kamu yang baru merintis usaha bisnis. Jangan lupa berlangganan platform wifi Retinad yang menawarkan koneksi cepat dan stabil. Dengan begitu, urusan bisnis kamu bisa berjalan lancar.

 

Source: okezone.com

Feature Image - wetravel.com

 


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Jul 20, 2022

Sebagai Seorang Marketer, 5 Skill ini Penting untuk Dimiliki, Lho!


Jakarta, Retinad.com – Perkembangan teknologi dan informasi yang melaju dengan...

Digital Marketing Oct 13, 2021

5 Cara Bikin Headline Menarik dengan Copywriting Ajaib


Jakarta, Retinad.com – Untuk membuat sebuah konten terlihat menarik, tentunya...

Digital Marketing Apr 05, 2022

6 Promosi Ramadan agar Peluang Bisnis Meningkat


Jakarta, Retinad.com – Bulan ramadan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.