Digital Marketing Feb 21, 2022

3 Cara Menerapkan Flywheel pada Marketing: Pebisnis Harus Tau

Jakarta, Retinad.com – Para pebisnis di Indonesia, pembicaraan Flywheel Marketing menjadi hal yang diperdebatkan. Pasalnya, flywheel dikatakan akan menggantikan posisi dari funnel marketing yang sebelumnya juga sudah ramai dibincangkan.

3 Cara Menerapkan Flywheel pada Marketing: Pebisnis Harus Tau

Namun sebenarnya – apa sih pengertian dari Flywheel sendiri? Benarkah akan lebih mampu meningkatkan marketing? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Mengenal Flywheel Marketing

Konsep flywheel marketing dicetuskan oleh Jeff Bezos, yaitu CEO dari Amazon. Pada konsep ini, Bezos ingin memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi para pelanggannya. Jika berhasil, strategi marketing dengan cara ini akan mendatangkan lebih banyak konsumen untuk berbelanja. Dari banyaknya pembeli, maka akan mendatangkan juga banyak pelaku usaha lain untuk berjualan di Marketplace tersebut.

Dengan konsep ini, konsumen akan merasakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan membagikannya ke orang disekitarnya. Strategi marketing ini akan memperhatikan kepuasan pelanggan dengan memprioritaskan experience yang akan dirasakan oleh konsumen itu sendiri.

Menarik Konsumen lebih Atraktif

Dengan menekankan poin konsumen untuk berbelanja dengan pengalaman yang baik, kamu perlu membangun ketertarikan konsumen. Pada flywheel marketing, kamu harus membuat konsumen tertarik dengan bisnis yang dijalani.

Hal tersebut dapat dilakkan dengan menyajikan pengalaman yang lebih atraktif dengan memanjakan pelanggan. Seperti memberikan promo, voucher diskon, flash sale, gratis ongkir, atau paket bundle. Dengan memanjakan konsumen serta membuat pengalaman yang menyenangkan, maka konsumen akan secara cepat mempromosikanmu dengan word of mouth pada orang sekitarnya.

Membangun Interaksi dengan Pelanggan

Jika sudah lebih atraktif, cobalah untuk membangun interaksi dengan pelanggan. Langkah ini merupakan salah satu langkah penting dalam flywheel marketing. Kunci keberhasilan marketing terletak dari kesuksesanmu untuk membangun hubungan baik dengan konsumen. 

Untuk menjalani cara ini kamu dapat mengirimkan penawaran menarik setelah konsumen tersebut terdaftar sebagai pelangganmu. Seperti memberi kupon untuk pembelian kedua, memberinya hadiah di hari ulang tahun, dan juga mengirimkan email Newsletter agar tetap terhubung. Hal ini juga dapat dimanfaatkan melalui media sosial, lho!

Memanjakan Konsumen

Poin utama dari flyweel yang terakhir adalah delight – atau memanjakan konsumen. Di cara ini, kamu harus memastikan apakah konsumenmu merasa puas setelah membeli kebutuhan atau keinginannya pada bisnismu?

Kamu juga harus mengiring mereka untuk kembali berbelanja, serta mengajak orang lain untuk ikut berbelanja di bisnismu. Strategi delight akan membuat bisnismu menjadi lebih berkembang dengan konsumen. Hal ini dapat dilakukan dengan pilihan membership pada bisnismu. Jika berhasil, berikanlah hadiah bagi loyal konsumen dan untuk mereka yang telah mengajak orang terdekatnya untuk berbelanja di bisnismu.

Bisnis flywheel sangat cocok untuk diterapkan pada membership loyalty program. Jika bisnismu membutuhkan bantuan untuk menerapkan hal ini, cobalah menghubungi RETINAD – karena RETINAD akan membantumu menjalankan umu menjalankan flywheel dengan tepat.

Itulah pengertian dan cara untuk menjalankan flywheel marketing. Apakah sudah terbayang untuk bsinismu menjalankan ini? (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Jul 22, 2022

5 Hal yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen untuk Mengetahui Strategi yang Tepat


Jakarta, Retinad.com – Salah satu kunci kesuksesan dalam berbisnis adalah...

Digital Marketing Mar 21, 2022

Agar lebih Produktif, Bangunlah Growth Mindset pada Tim dengan Tips Ini


Jakarta, Retinad.com – Dalam bekerja, menerapkan pola pikir yang tepat...

Digital Marketing Oct 04, 2021

Agar Bisnis Semakin Laris, Coba Bikin Instagram Reels


Jakarta, Retinad.com – Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.