Digital Marketing Mar 20, 2020

Digital Marketing: Istilah Umum yang Patut Dipahami Agar Tidak Ketinggalan Zaman! (Part 1)

Semakin hari teknologi pun terus berkembang, apalagi kalau membicarakan mengenai bisnis berbasis online. Tak heran apabila banyak orang yang berlomba-lomba untnuk mengikuti tren perkembangannya. Oleh sebab itu, buat kamu yang ingin berkecimbung di industri ini tentunya harus memahami seputar digital marketing. Setidaknya istilah-istilah yang sering digunakan.

Digital Marketing: Istilah Umum yang Patut Dipahami Agar Tidak Ketinggalan Zaman! (Part 1)

Hampir semua perusahaan hari ini sudah sangat familiar sekali dengan digital marketing, alasannya pun sangat sederhana, yaitu agar informasi yang ingin kamu atau perusahaan kamu sampaikan bisa sampai ke konsumen. Jangan sampai kamu ketinggalan zaman dengan tren marketing ini.

Perlu untuk diketahui terlebih dahulu kalau digital marketing ialah suatu cabang pemasaran khusus dari marketing, maka ada istilah-istilah khusus yang digunakan di dalam dalamnya dan tentunya harus dipahami oleh pemilik bisnis, agar betul-betul bisa memahami apa yang dikelola.

Jangan pernah puas dengan apa yang sudah kamu raih yaa, karena orang-orang yang sudah lama terjun ke dunia bisnis online juga harus terus memperbaharui pengetahuannya agar tetap up to date mengenai perkembangan digital marketing saat ini. Mengetahui teknik serta pendekatan digital marketing terbatu tentunya bisa menjadi kunci untuk selalu meningkatkan penjualan.

 

Istilah dalam Digital Marketing – Online Presence

Digital Marketing: Istilah Umum yang Patut Dipahami Agar Tidak Ketinggalan Zaman! (Part 1) Credit: /webistries.com

 

Istilah pertama yang patut untuk lo ketahui seputar digital marketing ialah online presence. Istilah memiliki hubungan dengan ketersediaan informasi bisnis online kamu yang bisa ditemukan secara online, baik melalui desktop maupun mobile. Kamu bisa membangun online presence melalui website resmi, media sosial, hingga hasil pencarian Google.

Online presence sendiri menjadi salah satu faktor konsumen untuk melakukan pembelian. Saat ini para konsumen dapat dengan mudah mendapatkan informasi produk atau jasa yang ingin mereka beli melaui internet.

“Berdasarkan riset Google, sektiar 84% konsumen melakukan riset secara online sebelum melakukan pembelian, baik itu pembelian secara online maupun pembelian secara offline.”

Kehadiran dari informasi produk atau jasa yang akan kamu jual harus tersedia di internet. Hal ini tentunya akan memudahkan calon pembeli dalam mengakses informasi yang berkaitan dengan produk yang akan dibelinya.

 

Istilah dalam Digital Marketing – Lead Generation

Digital Marketing: Istilah Umum yang Patut Dipahami Agar Tidak Ketinggalan Zaman! (Part 1) Credit: /ibuzzr.com

 

Lead generation merupakan istilah dalam digital marketing yang perlu kamu ketahui berikutnya. Setelah sudah membangun online presence bisnis online melalui website resmi, langkah berikutnya ialah bagaimana cara membuat orang-orang di dunia maya mengunjungi website bisnis online yang kamu miliki.

Istilah untuk usaha atau aktivitas yang dilakukan untuk menarik perhatian khalayak disebut lead generation. Sederhananya, lead generation merupakan proses menarik orang-orang agar mengetahui perusahaan kamu dan mengubah mereka menjadi calon konsumen potensial. Lead generation sendiri bertujuan untuk mendapatkan leads yang merupaakn calon pelanggan potensial.

 

Istilah dalam Digital Marketing – Call to Action (CTA)

Digital Marketing: Istilah Umum yang Patut Dipahami Agar Tidak Ketinggalan Zaman! (Part 1) Credit: .marketingdoorway.com

 

Usaha untuk mengubah khalayak menjadi calon pelanggan potensial atau leads tidak berhenti sampai di situ saja. Kamu harus terus mendorong leads ini untuk melakukan tindakan yang akan membuat kamu kedatangan keuntungan. Apa sih yang harus kamu lakukan?

Nah, tindakan yang dimaksud dapat berupa pemberian informasi kontak, menjadi subscriber, dan yang paling utama ialah membeli produk atau jasa. Untuk itu, dibutuhkan petunjuk atau perintah dari kamu. Petunjuk tersebut disebut Call to Action atau biasa disingkat CTA.

CTA sendiri bisa berupa gambar atau teks yang mendorong leads untuk melakukan sebuah tindakan. Setelah para khalayak menyerap informasi mengenai produk atau jasa dan memiliki ketertarikan, CTA berfungsi untuk mengakomododasi ketertarikan para khalayak. CTA cukup penting agar calon konsumen atau pengunjung website kamu tahu apa yang harus dilakukan.

 

Istilah dalam Digital Marketing – Landing Page

Digital Marketing: Istilah Umum yang Patut Dipahami Agar Tidak Ketinggalan Zaman! (Part 1) Credit: activecampaign.com/

 

Ketika kamu sudah memahami landing page, hal berikutnya yang patut untuk diketahui ialah landing page. Setelah para calon konsumen sudah diarahkan ke mana atau pengunjung website sudah meng-klik CTA, langkah berikutnya mengajak para calon konsumen tersebut ke laman yang disebut landing page.

Landing page ialah laman dari sebuah website yang dibuat secara khusus untuk tujuan marketing atau iklan. Landing page ini merupakan tempat mendaratnya calon konsumen setelah meng-klik iklan AdWord, AdBanner, dan iklan lainnya.

Perlu untuk diketahui juga kalau landing page ini memegang peranan penting dalam marketing karena conversion terjadi di laman ini. Apa itu conversion? Penasaran? Kamu bisa mendapatkan informasinya di artikel berikutnya yang akan membahas lebih luas lagi mengenai istilah yang ada di dalam digital marketing.

 

**

 

Dunia digital marketing sendiri memang sangat penting untuk dipahami, tentunya untuk perkembangan bisnis yang kamu miliki. Jangan sampai ketinggalan serta teruslah gali informasi serta belajar dan jangan pernah merasa cepat puas. Selain itu, koneksi WiFi cepat dan stabil juga menjadi bagian penting loh, gunakan Retinad sebagai platform kamu agar bisa selalu nyaman berselancar di dunia maya. Simak artikel berikutnya seputar istilah digital marketing yaa!

 

Source: seoanaksholeh.com

 

 

 

Featured Image: jdc.co.id/

 


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Jun 17, 2022

Brand Positioning: Strategi Marketing untuk Memperkuat Bisnismu


Jakarta, Retinad.com – Sebagai seorang businesspreneur, kamu pasti ingin mengembangkan...

Digital Marketing Mar 30, 2022

Marketing Menarik dengan Collaborative Story: Ssst, Ini Strategi Rahasia!


Jakarta, Retinad.com – Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk...

Digital Marketing Apr 04, 2022

5 Jenis Sosial Media yang Dapat Membuat Bisnis Berkembang: Kenali untuk Bisnismu!


Jakarta, Retinad.com – Berbagai sosial media seringkali dimanfaatkan untuk menunjang...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.