Digital Marketing Oct 25, 2021

Agar Menarik, Kenali 5 Cara Camera Movement pada Video Sinematik Ini!

Jakarta, Retinad.com – Membuat video sebagai konten di sosial media tentunya bukan hal yang mudah. Seorang content creator tentunya harus menentukan – bahwa konten yang dibuatnya akan menarik perhatian audiens atau tidak.

Hal yang dapat mencuri perhatian audiens yang paling utama adalah kualitas dari video itu sendiri. Seperti kejernihan dan gerakan kamera atau camera movement. Teknik dasar kamera dalam mengambil video sinematik juga ternyata bukan hal yang mudah, lho!

Agar Menarik, Kenali 5 Cara Camera Movement pada Video Sinematik Ini!

Agar dapat membuat konten video sinematik menjadi lebih menarik, ada baiknya untuk kamu mengetahui jenis-jenis dari camera movement itu sendiri. Di artikel ini, kamu akan mempelajari 5 camera movement yang dapat dimanfaatkan ketika sedang mengambil video. Simak selengkapnya di bawah ini ya!

Teknik Panning

Teknik camera movement untuk video sinematik yang pertama adalah Pan atau Panning. Teknik ini dilakukan dengan cara menggerakkan kamera secara horizontal – dengan dari satu sisi ke sisi lainnya. Baik dari kiri ke kanan atau pun sebaliknya. 

Teknik ini akan terpaku pada titik tertentu – hanya saja menggerakannya ke kiri-kanan atau sebaliknya. Jika ingin menggambarkan keadaan sekitar pada video yang akan direkam teknik camera movement yang satu ini adalah pilihan yang tepat.

Teknik Tilt

Teknik pengambilan gambar Tilt sebenarnya hampir sama dengan Pan. Hanya saja, Tilt menggerakkan kamera secara vertikal – yaitu dari atas ke bawah dan sebaliknya. Di teknik ini kamera juga harus diam dan terpaku pada satu titik tertentu yang akan diambil.

Agar gambar yang diambil menjadi baik dan stabil, lebih baik kamu menggunakan tripod atau alat bantu lainnya. Teknik yang satu ini sangat berguna jika kamu ingin memperlihatkan karakter atau detail dari objek utama dari gambar yang diambil.

Teknik Zoom

Zoom merupakan teknik camera movement yang dilakukan untuk memperbesar titik fokus pada frame gambar yang akan diambil. Meskipun dapat isa dilakukan secara software, namun teknik ini penting untuk kamu ketahui, lho!

Teknik yang satu ini mungkin terlihat mudah untuk diaplikasikan. Teknik zooming akan memberikan kesan dramatis pada video jika dilakukan dengan benar. Tentunya juga akan membuat kontenmu menjadi lebih menarik.

Teknik Truck

Untuk teknik yang satu ini, kamu diharuskan untuk menggerakkan seluruh kamera ke kiri-kanan, atau sebaliknya. Jika di sebuah film, teknik camera movement ini sering digunakan untuk mengambil gambar karakter utama. 

Agar nampak stabil juga, biasanya, kru film menggunakan semacam trek atau disebut sebagai fluid motion track dan menaruh kamera di atasnya untuk mendapatkan gambar yang stabil. Untuk membuat video sinematik, menggunakan tripod saja sudah cukup kok!

Teknik Pedestal

Teknik yang terakhir ini sebenarnya mirip dengan teknik Truck – Pedestal menggerakkan kamera ke atas-bawah atau pun sebaliknya. Teknik ini berbeda dengan Tilt yang hanya mengubah sudut kamera menjadi naik dan turun, ya.

Teknik ini digunakan untuk menampilkan objek yang tinggi pada gambar yang akan di ambil – seperti gedung. Untuk membuat video sinematik, teknik ini juga penting untuk membuatnya menjadi lebih sinematik, lho!

Jika sudah berhasil menerapkan 5 teknik ini dan ingin menerapkannya pada bisnismu, jangan lupa untuk menaruh placement iklanmu di RETINAD ya! Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kontak yang tertera di akhir laman ini. (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Apr 28, 2020

Pemasaran Online dan Digital Branding Jadi Pilihan Ketika Pandemi Covid-19


Menghadapi pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini, para pebisnis mulai...

Digital Marketing Apr 18, 2022

5 Ide Hampers Lebaran yang Bisa Diterapkan pada Bisnismu


Jakarta, Retinad.com – Kehadiran bulan Ramadan akan beriringan dengan perayaan...

Digital Marketing Dec 08, 2021

Manfaatkan Hashtag Campaign pada Sosial Media, Ini Cara Tepatnya!


Jakarta, Retinad.com – Perkembangan sosial media saat ini menjadi hal...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.