Lifestyle Nov 05, 2021

Agitasi: Proses Seduh yang Berpengaruh Pada Kualitas Kopi

Jakarta, Retinad.com – Menikmati kopi tidak hanya sekedar menyeduh dan memilih biji kopi saja. Terdapat banyak indikator yang membuat sebuah kopi terasa nikmat, salah satunya teknik agitasi. Agitasi dalam teknik manual brew dinilai oleh para petinggi di Industri kopi.

Agitasi: Proses Seduh yang Berpengaruh Pada Kualitas Kopi

Konon, rasa dari teknik agitasi akan menghasilkan rasa seduhan yang lebih komplit. Jika kamu adalah orang yang baru terjun ke dalam dunia kopi, coba deh simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Mengenal Teknik Agitasi

Sederhananya, agitasi merupakan teknik mengaduk dalam penyeduhan kopi. Gerakan turbulensi ringan yang terjadi pada bubuk kopi saat penyeduhan inilah yang akan membuat rasa kopi menjadi lebih nikmat. Dalam mempraktikkannya, agitasi juga dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti menggunakan strirer atau sekedar sendok biasa.

Yang Terjadi saat Agitasi

Hasil seduhan terbaik adalah seduhan yang berasal dari proses ekstraksi yang sama dan juga konsisten. Jika setiap partikel yang ada dalam bubuk kopi mengalami level ekstraksi yang berbeda-beda, maka karakter rasa yang didapat akan cenderung tidak konsisten atau sederhananya kurang nikmat. 

Umumnya hasil seduhan akhir pada kopi dengan level ekstraksi yang berbeda akan menimbulkan dua rasa – yaitu antara under-extracted – atau kecut, bukan asam, lalu over-extracted – yang membuat rasa kopi menjadi cenderung pahit. Agar rasa kopi terekstraksi secara sempurna – atau dapat disebut dengan perfectly extracted, kamu harus meng-agitasi kopi dengan tepat. 

Agitasi memungkinkan setiap bubuk kopi yang terlewat untuk diekstraksi akan terekstraksi dengan baik. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, agitasi akan mencampur gumpalan bubuk kopi atau ekstraksi yang tidak merata. Sehingga proses inilah yang akan meratakannya.

Cara Agitasi dari Brewer Profesional

Matt Perger – seorang Juara World Brewers Cup pada tahun 2012 silam, yang juga pemilik dari blog terkenal Barista Hustle, telah membagikan teknik pour over-nya yang menggunakan konsep agitasi dan sudah terbukti kenikmatannya.

Belakangan ini, teknik agitasi dari Perger juga semakin banyak digunakan oleh para brewers di seluruh dunia. Matt melakukan agitasi dengan cara mengaduk kopi dengan gerakan saling-silang dengan menggunakan stirrer setelah air dituangkan. Setelah itu, ia mendiamkannya sebentar sebelum pouring berikutnya dilakukan.

Jika kamu adalah penikmat kopi manual brew, sepertinya step ini tidak boleh dilewatkan – karena ternyata memang penting sekali. Apakah kamu siap level-up kopimu dengan teknik yang satu ini? (PRIL/RETINAD).


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Nov 16, 2021

Ingin Bisnis Kedai Kopi? Simak Tips Selengkapnya di Sini!


Jakarta, Retinad.com – Sejak awal pandemi menyerang Indonesia, banyak orang...

Lifestyle Jan 22, 2022

Berakhir Pekan dengan Berkunjung ke 5 Tempat Makan Menarik di PIK


Jakarta, Retinad.com – PIK atau pantai indah kapuk menjadi salah...

Lifestyle Jan 01, 2022

6 Cara Bangkitkan Semangat Setelah Liburan


Jakarta, Retinad.com – Hal yang paling menyebalkan ketika menyambut tahun...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.