Lifestyle Jan 01, 2022

6 Cara Bangkitkan Semangat Setelah Liburan

Jakarta, Retinad.com – Hal yang paling menyebalkan ketika menyambut tahun baru adalah berakhirnya musim liburan. Yang artinya, siap atau tidak – kita semua harus kembali beraktivitas seperti sediakala. Kembali ke kantor, berkutik dengan pekerjaan, dan lain-lain.

 

6 Cara Bangkitkan Semangat Setelah Liburan

Mengembalikan semangat setelah liburan memang tidak mudah. Rasa malas dan semangat yang menurun pastinya sudah menghantuimu. Hal ini tentunya juga akan menurunkan produktivitas dalam bekerja.

Agar hal ini tidak terjadi, cobalaj melawan kemalasan tersebut dengan beberapa tips di bawah ini. Agar tidak terjebak juga dalam rasa malas tersebut, pastikan kamu membacanya dengan seksama ya!

Menikmati Liburan Secara Maksimal

Biar semangat produktivitasmu tidak berkurang, ada baiknya ketika berlibur kamu mencoba untuk menikmat liburan secara maksimal – namun juga jangan sampai berlebihan. Artinya, cobalah untuk menikmati liburan sepenuhnya tanpa mengingat-ingat pekerjaan selama liburan. 

Dengan menerapkan pola pikir seperti ini, kamu akan menjadi lebih sadar ketika waktu liburan sudah habis dan mode liburanmu sudah selesai. Sisihkan juga waktu untuk me-time agar liburanmu menjadi waktu untuk charge diri sebelum kembali beraktivitas.

Jangan Memegang Pekerjaan saat Berlibur

Sudah seharusnya waktu berlibur kamu terlepas dari urusan pekerjaan. Jika masih ada yang harus dikejar atau mengingat-ingat pekerjaan yang ditinggalkan, jangan terlalu berlebihan dan membuat waktu liburan jadi berantakan.

Untuk menghindarinya, cukup luangkan 5% dari seluruh waktu yang dimiliki untuk tetap terkoneksi dengan pekerjaan. Sisanya, pastikan kamu memanfaatkan waktu berlibur untuk lepas dari berbagai kesibukan kerja dan kepenatannya.

Hindari Pulang Berlibur di Waktu yang Mepet

Jika semangat kerjamu selama ini berkurang karena waktu liburmu terlalu panjang hingga mepet ke waktu di mana kamu harus aktif bekerja, sepertinya hal ini harus kamu ubah. Jika hari senin kamu sudah memiliki jadwal kembali bekerja, ada baiknya kamu jangan pulang di hari minggu – melainkan di hari sabtu saja.

Dengan waktu yang mepet ini, kamu akan merasa kelelahan. Alhasil, kamu menjadi malas untuk masuk kerja di keesokan harinya. Jadi, pastikan untuk mengajukan kepulangan lebih awal bersama keluarga dan memiliki waktu istirahat yang cukup ya!

Atur Pengelolaan Pekerjaan

Membangkitkan semangat berlibur memang susah-susah gampang. Untuk itu, coba awali dengan pekerjaan yang ringan terlebih dulu dan tak terlalu menyita pikiran serta tenagamu. Mood yang belum sepenuhnya tertata seperti semula akan sangat sulit dipaksakan untuk mengerjakan hal-hal yang berat. 

Untuk beberapa hari awal, cobalah untuk menghindari pekerjaan berat yang menyita pikiran ataupun tenaga. Berikan jeda waktu sebelum semuanya kembali sesuai ritme kerja sebelumnya. Biasakan kembali diri dengan ritme kerja barumu di tahun baru juga menjadi pilihan yang baik.

Maksimalkan Waktu Istirahat Kerja

Saat berlibur, pastinya kamu terbiasa dengan aktivitas yang lambat dan santai, sehingga pikiran menjadi lebih rileks. Namun setelah kembali dengan rutinitas pekerjaan, tubuh dan pikiran akan dipaksa untuk mengikuti ritme kerja yang keras dan cepat. 

Pastikan untuk tidak memaksakan diri dengan ritme kerja tersebut. Bekerja memang penting, tetapi akan lebih penting lagi untuk menjaga semangatnya. Jangan terlalu keras berusaha, berikan waktu untuk pikiran dan tubuh melakukan recovery. Manfaatkanlah waktu luang yang dimiliki ketika istirahat bekerja untuk membangkitkan mood tersebut.

Mengubah Komitmen Diri untuk Kembali Bekerja

Tidak ada situasi atau suasana yang berubah jika kamu tidak berusaha untuk mengubahnya. Maka, cobalah mengembalikan semangat kerja kembali seperti semula dengan berkomitmen dengan diri sendiri untuk kembali bekerja.

Kamu bisa memulainya dengan mengingat kembali, kamu bekerja untuk mendapatkan uang. Jika tidak, kamu masih memiliki banyak cicilan yang harus dibayar, belum lagi tagihan ketika liburan juga sudah menghabiskan sebagian tabungan. Jika masih malas, kamu juga yang akan rugi!

Sejatinya, liburan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk membangkitkan semangat setelah bekerja sekian lama. Yuk, terapkan hal-hal ini agar lebih bersemangat kembali ke kantor! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Aug 05, 2022

Akan Dicari 5 Tahun Ke Depan, Kamu Harus Kuasai 5 Skill Ini!


Jakarta, Retinad.com – Skill dalam dunia kerja merupakan hal yang...

Lifestyle Nov 13, 2021

Cashless Society Bikin Semakin Boros? Ini 4 Cara untuk Mengehematnya!


Jakarta, Retinad.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa kemudahan akses dalam...

Lifestyle Nov 21, 2021

Tayang Minggu Ini, The Eternals Mulai Menguasai Layar Lebar Indonesia!


Jakarta, Retinad.com – Salah satu kegiatan yang diminati oleh sebagian...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.