Digital Marketing Oct 15, 2021

Jadi Profesi yang Banyak Diminati, Ini Panduan Awal Menjadi Social Media Strategist!

Jakarta, Retinad.com – Di zaman serba digital ini para pelaku bisnis seringkali melakukan pemasaran di media yang kerap kali menyajikan konten yang viral. Tahukah kamu – di balik konten viral dan kampanye menarik di sosial media ternyata ada seorang Social Media Strategist handal yang ikut menjalankannya, lho!

Posisi Social Media Strategist saat ini menjadi salah satu profesi yang diidamkan oleh sebagian besar orang. Pekerjaan mengatur jalannya konten serta isi dari konten yang akan diposting sendiri menimbulkan ketertarikan sendiri untuk sebagian besar orang.

Jadi Profesi yang Banyak Diminati, Ini Panduan Awal Menjadi Social Media Strategist!

Jika kamu tertarik dengan posisi ini dan belum memiliki gambarannya, berarti kamu berada di halaman yang tepat. Pastikan untuk membacanya sampai habis ya!

Apa Itu Social Media Strategist?

Seorang social media strategist memiliki tanggung jawab untuk menjalankan online campaign pada bisnis dan akun yang dikelolanya. Seorang Social Media Strategist mengelola semua aktivitas di dalam akun media sosial yang diperuntukkan untuk bisnis. Hal itu meliputi memposting konten, mengomentari, menyajikan konten, serta menanggapi pertanyaan followers.

Social Media Strategist membantu menghasilkan prospek baru dalam sosial media, seperti mempertahankan pelanggan dengan menyajikan konten menarik, dan juga membangun loyalitas. Ada pula pekerjaan Social Media Strategist adalah membuat konten asli yang menarik audiens dan dapat beriklan di media sosial, serta bertanggung jawab untuk menyusun strategi yang sesuai dengan goal bisnis.

Dengan Siapa Social Media Strategist Bekerja?

Seorang Social Media Strategist berkolaborasi dengan pekerja ahli sosial media lain yang ada pada divisi tersebut. Posisi ini akan mempelajari user analytic data dan berkoordinasi dengan tim marketing dalam perusahaan untuk membuat strategi yang tepat. Social Media Strategist juga akan bertanggung jawab untuk online campaign.

Posisi ini dapat dipegang oleh siapa pun dengan gelar apa pun juga – alias tidak ada gelar yang benar-benar mutlak. Jika kamu memiliki latar belakang pendidikan ilmu marketing atau bidang-bidang terkait hal itu akan sangat membantu dalam menjalankan pekerjaan ini.

Profesi yang Mengedepankan Pengalaman

Tidak peduli setinggi apa pun gelar yang dimiliki, menguasai profesi ini kamu perlu untuk mengedepankan pengalaman. Seorang Social Media Strategist di perusahaan tidak hanya mementingkan gelar.

Profesi ini dituntut untuk dapat menguasai semua jenis platform sosial media – dengan mempelajari postingan s yang bisa mendapat banyak perhatian dari audiens, serta mempelajari strategi yang efektif untuk setiap platform. Hal ini membuktikan, bahwa posisi ini memang tidak hanya mengandalkan pengalaman kerja – namun kamu juga harus punya pengalaman aktif di sosial media.

Itulah fakta dan pandual awal mengenai Social Media Strategist yang diketahui oleh kamu yang belum mengenal lingkup ini. Bagaimana? Apakah kamu sudah merasa kompeten untuk menempati posisi ini? (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Mar 23, 2020

Mengenal 5 Kesalahan Umum dalam Digital Marketing, Yuk Belajar Lebih Baik!


Perkembangan teknologi telah memotivasi banyak orang untuk menekuni digital marketing....

Digital Marketing Mar 10, 2022

Jangan Sampai Jenuh, Ini 3 Solusi untuk Mengindari Ads Fatigue pada Audiens!


Jakarta, Retinad.com – Beriklan merupakan salah satu strategi marketing atau...

Digital Marketing Jul 25, 2022

Yuk, Berkenalan dengan Emotional Marketing agar Bisnis Semakin Tepat Sasaran


Jakarta, Retinad.com – Promosi yang dilakukan setiap bisnis memiliki cara...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.