Lifestyle Oct 12, 2021

Mengenal Stadion Atletik Mimika, Venue Terbaik di PON XX Papua!

Jakarta, Retinad.com – Indonesia saat ini sedang menggelar perhelatan Nasional besar yang tentunya menjadi kebanggaan tersendiri. Pekan Olahraga Nasional XX atau PON XX yang dilaksanakan di Papua sejak 2-15 Oktober 2021 ini sudah menyita banyak perhatian dan antusiasme masyarakat.

Mengenal Stadion Atletik Mimika, Venue Terbaik di PON XX Papua!

PON XX Papua dilaksanakan di 4 wilayah berbeda, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Sebagai acara nasional pertama yang diselenggarakan di Papua, tentunya banyak masyarakat Indonesia yang menjadi lebih mengenal wilayah timur Indonesia ini.

Salah satu kemegahan yang ada di acara PON XX Papua adalah dengan digunakannya venue megah Stadion Atletik Mimika. Stadion ini diakui sangat megah dan membuat masyarakat Papua dan Indonesia sendiri bangga.

Penasaran dengan kemegahan Stadion Atletik Mimika ini? Langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Stadion di Papua yang Berstandar Internasional

Perhelatan PON XX Papua memang secara tidak langsung menjadi ajang di mana Papua menunjukkan kemajuan serta kemegahannya. Stadion Atletik Mimika menjadi salah satu bukti bahwa wilayah Timur Indonesia ini juga tidak kalah maju dengan wilayah-wilayah lainnya.

Dilansir Info Publik – Stadion Atletik Mimika dibangun sesuai dengan standar Asosiasi Atletik Internasional atau IAAF Kelas 2. Stadion ini telah dirancang untuk dapat menggelar 42 nomor pertandingan atletik – termasuk lompat galah, lompat jauh, lempar lembing, lempar cakram, lari, tolak peluru, dan pertandingan atletik lainnya.

Atap Menyerupai Burung Cenderawasih

Stadion Atletik Mimika telah dibangun di atas lahan seluas 12,5 hektare. Stadion ini dilengkapi dengan dua tribun, yakni barat dan timur. Masing-masing tribun memiliki kapasitas sebanyak 3.500 penonton. Yang membuat stadion ini lebih menarik, atap tribune timur stadion ini berbentuk menyerupai burung Cenderawasih – yang merupakan hewan endemik Papua, sehingga terlihat lebih megah dan juga apik.

Dapat Dimanfaatkan Meski PON Telah Usai

Pemerintah daerah – dalam hal ini Pemprov Papua sendiri mengharapkan, kemegahan Stadion Atletik Mimika ini harus tetap hidup dan berkembang meskipun perhelatan PON XX Papua nanti telah selesai. Pemerintah telah menyiapkan dan merencanakan pengelolaan arena olahraga selepas PON Papua XX usai.

Pemerintah sangat menghindari jika venue berskala internasional ini akan terbengkalai selepas PON usai berlangsung. Pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota diminta untuk menyiapkan rencana untuk pengelolaan venue dan seluruh fasilitas PON XX Papua dengan benar.

Acara nasional besar pertama yang diselenggarakan ketika pandemi ini tentunya menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Well, sangat membanggakan mendengar berita bahwa wilayah Timur Indonesia ini sudah mulai berkembang, bukan? Mari kita jaga bersama-sama fasilitas publik ini ya! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Mar 19, 2020

Memahami Social Distancing, Serta Cara Menyikapinya agar Kamu Tidak Mudah Stress!


Dengan merebaknya virus COVID-19 atau virus Corona, istilah dari social...

Lifestyle Apr 19, 2022

Merasa Tidak Produktif Bekerja saat Puasa? Ini 5 Tips agar Tetap Fokus Bekerja!


Jakarta, Retinad.com – Berpuasa memang menjadi hal yang menyenangkan untuk...

Lifestyle Jan 13, 2022

Mengenal Bisnis Thrift Shop: Mencoba Peruntungan Baru lewat Barang Lama


Jakarta, Retinad.com – Dalam keadaan pandemi seperti ini, semua orang...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.