Digital Marketing Nov 09, 2021

Ingin Memulai Bisnis? Ini 4 Etika yang Harus Diterapkan!

Jakarta, Retinad.com – Bisnis menjadi hal yang saat ini cukup menjanjikan. Tidak hanya mengandalkan kemampuan, bisnis juga menjadi kebutuhan yang ternyata diperlukan oleh sebagian masyarakat di masa pandemi saat ini. Namun, untuk membangun bisnis tentunya kamu memerlukan kemampuan untuk mengembangkannya.

Ingin Memulai Bisnis? Ini 4 Etika yang Harus Diterapkan!

Dalam mengembangkan bisnis tentunya kamu perlu menerapkan etika bisnis. Etika untuk menjalankannya ini merupakan sebuah peraturan yang tidak tertulis – baik itu salah, atau benar. Untuk itu, pemahaman mengenai etika bisnis harus benar-benar dipahami agar dapat bersaing dengan sehat.

Jika ingin memulai bisnis dan masih belum paham mengenai hal-hal kecil dalam bisnis, lebih baik simak artikel ini sampai habis – karena di artikel ini akan membahas mengenai sifat dalam etika bisnis yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis itu sendiri.

Pribadi yang Jujur 

Jujur merupakan sifat dalam etika bisnis utama yang harus dimiliki oleh sebagian besar orang dalam berbisnis. Jujur dalam hal ini dapat diartikan sebagai pribadi yang terbuka. Karena sebagai seorang pebisnis, kamu juga harus jujur ke seluruh lapisan yang membantu bisnismu berkembang – yaitu investor maupun ke konsumen. 

Konsumen atau klien berhak untuk tahu mengenai produk yang ditawarkan oleh bisnismu. Baik dari bahan sampai kualitas produk yang ditawarkan. Dalam berbisnis tentunya kamu tidak boleh memanipulasi data dengan membuat pernyataan bohong mengenai kualitas produk, karena hal ini juga akan memperburuk citra yang dimiliki.

Selain itu, tentu saja kamu juga tidak boleh berbohong kepada calon investor. Sampaikan dengan jujur kepada calon investor mengenai bisnis yang dijalankan. Dengan jujur kepada calon investor, kerja sama yang terjalin juga akan menjadi lebih baik.

Bersikap Baik

Etika bisnis yang harus dimiliki selanjutnya adalah bersikap baik pada semua orang yang terlibat dalam bisnismu. Dengan bersikap baik, citra yang baik juga akan terbentuk. Dengan cara ini, citramu jugua akan akan naik. Hal ini juga membuat rekan bisnis menjadi lebih menghargaimu.

Menjadi Pribadi Anti Suap

Suap menyuap memang menjadi kasus yang sering terjadi di dalam dunia bisnis. Bak rahasia umum, hal ini diiming-imingi dapat membuat bisnismu dapat lebih lancar dengan cara yang cukup singkat. Namun, jangan sampai kamu tergiur untuk menerima suap ya!

Karena dengan menerima suap , kamu akan sangat merusak citra diri dan juga citra bisnis. Dengan menerima suap tentunya juga akan merugikan – karena investor akan menarik kontrak kerja sama jika mereka mengetahuinya. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa terancam dengan urusan hukum, lho

Pokoknya, hal ini jangan sampai terjadi – karena hanya akan merugikanmu saja!

Bersikap Dewasa dalam Memulainya

Memiliki sikap yang dewasa tentunya akan menguntungkan dalam menjalankan bisnis. Jika kamu tidak memiliki sikap dewasa, maka bisnis yang dijalankan tentunya akan mengalami kesulitan. Hal ini dikarenakan kamu belum dapat mengesampingkan ego yang dimiliki.

Tentunya kamu tidak boleh mengedepankan nilai ego ketika sudah menjalankan bisnis. Agar bisa memutuskan suatu keputusan dalam dunia bisnis, kamu harus memiliki sikap dewasa. Jika tidak, maka kamu akan membuat rekan bisnis ragu untuk menjalin hubungan bisnis. 

Etika bisnis tidak hanya dibutuhkan sebagai suatu sikap ketika bertemu dengan rekan atau klein bisnis , namun juga sikap yang ditunjukkan kepada klien atau konsumen. Dengan memiliki etika bisnis, citra yang baik juga akan terbentuk. 

Jika kamu sudah menjalankan bisnis dan memerlukan partner kerja untuk mendukung koneksi internetmu tetap laju, cobalah untuk bekerja sama dengan RETINAD. Dengan koneksi Wi-Fi yang kencang, tentunya bisnismu juga akan semakin berkembang. Jika tertarik dengan penawaran ini, segera hubungi kontak yang tertera di akhir laman ini ya! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Dec 01, 2021

Bingung Mencari Inspirasi Desain? 5 Situs Ini Bisa Membantumu, Lho!


Jakarta, Retinad.com – Pekerjaan sebagai seorang desainer saat ini memang...

Digital Marketing Dec 15, 2021

Kenali 3 Jenis Direct Marketing yang Bisa Langsung Diterapkan pada Bisnismu


Jakarta, Retinad.com – Seorang pelaku bisnis tentunya kamu perlu memahami...

Digital Marketing Dec 03, 2021

Menjadi Peluang Bisnis Tinggi, Kenali Pengertian dan Cara Membangun Startup Di Sini!


Jakarta, Retinad.com – Tidak bisa dipungkiri bahwa eksistensi kehadiran Startup...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.