Lifestyle Nov 14, 2021

Menghargai Diri dengan Self Reward: Penting untuk Mental, Lho!

Jakarta, Retinad.com – Demotivasi selama bekerja sudah menjadi hal yang satu paket dengan load pekerjaan yang terus menumpuk dan tidak kunjung selesai. Pendewasaan diri mengenai berkarier memang bukan hal yang mudah, untuk itu kamu perlu membangkitkan semangat dalam diri agar dapat bekerja dengan baik.

Membangkitkan semangat dalam diri bisa dilakukan salah satunya dengan memberikan self reward. Self reward merupakan hadiah yang diberikan untuk diri sendiri sebagai penghargaan atas kerja keras yang telah dilakukan. Tidak sekedar memberikan penghargaan, self reward juga ternyata penting untuk kesehatan mental, lho!

Menghargai Diri dengan Self Reward: Penting untuk Mental, Lho!

Agar semakin terdorong menjadi lebih produktif, coba lah untuk melakukan self reward. Karena dengan melakukannya, kamu akan mendapatkan manfaat yang tidak terhingga seperti yang tertera di bawah ini. Pastikan untuk membacanya sampai habis agar kesehatan mentalmu tetap terjaga ya!

Membuat Diri Menjadi Termotivasi

Self reward pada dasarnya merupakan sebuah cara yang bisa dilakukan untuk membuat diri sendiri merasa dihargai. Dengan menghargai diri sendiri, kamu akan menjadi lebih termotivasi dan bersemangat dalam bekerja.

Self reward dilakukan untuk memberikan diri sendiri imbalan dari apa yang telah dicapai. Pemberian penghargaan ini sudah terbukti dapat membuat diri menjadi lebih baik, seperti mood menjadi lebih baik dan menjaga pikiran lebih positif. Hal ini terbukti karena ketika membuat diri sendiri menjadi bahagia akan menghadirkan atau memicu zat kimia dalam tubuh menjadi perasaan senang – atau yang disebut dengan dopamine.

Memberikan Self Reward yang Tepat

Meskipun memiliki sisi yang positif, namun self reward jika dilakukan dengan cara berlebihan pun akan menjadi hal yang buruk. Untuk itu, pastikan kamu memberikan self reward bagi diri sendiri dengan cara yang tepat bagi diri sendiri dan tidak bertolak belakang dengan tujuan dari self reward itu sendiri.

Pastikan ketika memberikan self reward akan sesuai dengan tujuan hidup serta rangka dalam memberikan hadiah itu sendiri. Jika kamu memiliki tujuan untuk menabung lebih banyak uang, ada baiknya untuk tidak membeli reward yang terlalu mahal meskipun kamu berhak mendapatkannya. Intinya, tetaplah memiliki kontrol atas diri sendiri ya!

Berikan Reward yang Dapat Memotivasi

Tujuan utama dari self reward sendiri adalah untuk meningkatkan semangat, motivasi, serta pola pikir yang lebih baik. Maka, ada baiknya untuk memberikan self reward yang dapat memotivasi diri untuk bekerja lebih baik. Seperti membeli tas untuk bekerja yang lebih bagus, map baru, dan lain-lainnya.

Jangan lupa untuk tidak memberikannya dengan jangka waktu yang terlalu sering – karena nantinya self reward tidak lagi spesial dan otakmu tidak lagi mnesugestikan bahwa kamu berhak untuk mendapatkan penghargaan atas kerja keras yang dilakukan.

Selain membahagiakan, self reward memang menjadi hal penting untuk dilakukan untuk kesehatan mental. Jangan lupa untuk berikan dirimu self reward yang tepat ya! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Apr 13, 2020

4 Website Terbaik untuk Tahu Informasi Terkini Virus Corona


Untuk mendapatkan informasi terkini dan akurat seputar virus Corona, ada baiknya...

Lifestyle Jan 30, 2022

5 Tips Menjaga Produktivitas dengan Menenangkan Diri


Jakarta, Retinad.com – Menenangkan diri dari pikiran yang menganggu ketika...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.