Lifestyle Dec 16, 2021

Tidak Hanya Negatif, Ini 4 Manfaat Belanja pada Kesehatan Mental!

Jakarta, Retinad.com – Belanja menjadi salah satu kebiasaan yang seringkali dianggap negatif. Meskipun begitu, tidak bisa dipungkiri bahwa belanja merupakan hal yang menarik dan juga menyenangkan untuk dilakukan. Pada umumnya, belanja memang aktivitas yang membuat diri menjadi senang.

Tidak Hanya Negatif, Ini 4 Manfaat Belanja pada Kesehatan Mental!

Tidak bisa dipungkiri juga stigma di masyarakat mengenai belanja sudah menjadi negatif. Namun, hal ini tidak selalu benar, lho. Belanja tidak hanya menjadi ancaman bagi keuangan, jika direncanakan dengan baik – belanja dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.

Belanja tidak menjadi hal yang buruk bila dapat dilakukan dengan cara yang tepat. Bahkan, belanja juga bermanfaat baik pada kesehatan tubuh – terlebih pada kesehatan mental. Wah, apa saja manfaat dari belanja sendiri ya? Langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Dapat Memabahagiakan Diri Sendiri

Berbelanja memang hal yang menyenangkan untuk dilakukan, karena ketika berbelanja kamu akan menemukan barang yang dicari dan juga diimpikan sejak lama. Sensasi bahagia ini akan sangat terasa dalam diri dan menimbulkan kesenangan yang tak terkira. Apalagi mengingat perjalananmu untuk membelinya, pasti sangat berharga!

Dengan berbelanja, hati juga menjadi lebih gembira dan juga puas atas apa yang dicapai. Meskipun harganya tidak seberapa, perasaan bahagia tersebut akan membuat suasana hati lebih bahagia. Diri pun merasa lebih dihargai karena telah mendapatkan apa yang sudah didambakan.

Menekan Tingkat Stres dalam Diri

Rutinitas yang dilakukan secara berulang sepanjang hari dan diulang terus menerus tentunya menjadi hal yang membosankan. Belum lagi beban kerja dan juga pekerjaan rumah yang tidak kunjung usai, rasanya susah sekali bagimu untuk merasakan hari yang santai.

Hari buruk yang dilalui tentu akan membebani pikiran dan memberikan tekanan bagi tubuh. Alhasil, tubuhmu jadi mudah lelah dan merasa stres. Hal ini juga membuat hidupmu menjadi lebih berantakan dan akan berdampak pada produktivitas.

Agar hal ini tidak terus terjadi, kamu harus melakukan sesuatu untuk mengalihkan pikiran dan menekan tingkay stres tersebut. Belanja menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengistirahatkan otakmu sejenak dari rutinitas yang berat. Namun tetap harus diingat, semua sesuai porsinya saja ya!

Meredakan Cemas

Manfaat lain dari belanja terhadap kesehatan mental yaitu dapat meredakan rasa cemas yang dialami setiap harinya. Jika dibiarkan secara terus menerus, rasa cemas juga akan berbahaya bagi tubuh. 

Ketika seseorang berbelanja, secara alamiah tubuh akan memvisualisasikan penggunaan produk tersebut dan hal itu dapat meredakan kecemasan. Kegiatan belanja yang dilakukan untuk mempersiapkan perubahan hidup akan membantu seseorang merasa memegang kendali dalam hidupnya.

Mengembalikan Kontrol Diri

Sebuah penelitian berhasil menunjukkan – bahwa berbelanja dapat membantu memperkuat rasa kendali pribadi dari lingkungan sekitar. Belanja sendiri sudah terbukti dapat meredakan perasaan sedih. 

Riset yang dilakukan pada tahun 2014 silam mengatakan, bahwa berbelanja tidak hanya membuat pribadi lebih bahagia – namun juga dapat melawan kesedihan berkepanjangan. Kesedihan umumnya terjadi karena hidup berada di luar kendali. Dengan berbelanja, kamu dapat memulihkan kontrol pada diri dan membuat pikiran menjadi lebih teralihkan.

Meskipun manfaat belanja sudah terbukti bagi kesehatan mental, yang harus tetap diingat adalah kamu harus tetap berbelanja sewajarnya. Jangan sampai impulsive buying atau berbelanja secara berlebihan, ya! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Nov 17, 2021

Agar Tidak Terjebak Saat Interview Kerja, Ini 5 Jawaban yang Harus Dihindari!


Jakarta, Retinad.com – Momen yang paling menegangkan dalam melamar kerja...

Lifestyle Nov 16, 2021

Ingin Bisnis Kedai Kopi? Simak Tips Selengkapnya di Sini!


Jakarta, Retinad.com – Sejak awal pandemi menyerang Indonesia, banyak orang...

Lifestyle Sep 11, 2021

Tips Membangun Smart Home: Dapat Mengantisipasti Covid-19, Lho!


Jakarta, Retinad.com – Virus Covid-19 memang tidak mengenal siapapun untuk...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.