Lifestyle Apr 17, 2022

Ingin Keuangan Aman dan Terkendali? Intip Tips Mengelola Keuangan di Ramadan Ini!

Jakarta, Retinad.com – Ramadan menjadi bulan yang sangat penting bagi umat muslim di seluruh penjuru bumi. Kehadiran bulan suci ini membuat masyarakat berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan. Kehadiran bulan ramadan seringkali membuat kita berpikir, kalau dengan berpuasa kamu dapat menghemat pengeluaran.

Ingin Keuangan Aman dan Terkendali? Intip Tips Mengelola Keuangan di Ramadan Ini!

Namun nyatanya, saat ramadan tiba – pengeluaranmu justru membludak! Agar dompetmu tetap amat hingga lebaran, cobalah simak tips mengatur keuangan di bulan ramadan ini. Pastikan kamu membacanya sampai habis ya!

  1. Alokasikan Keuangan sesuai Skala Prioritas

Saat bulan ramadan tiba, tidak dapat dipungkiri kamu akan memiliki banyak pengeluaran tidak terduga. Mulai dari keinginan-keinginan yang mendadak muncul, kegiatan buka puasa bersama, bagi-bagi THR, baju lebaran, dan lain-lain. Jangan sampai kamu terlena dengan hal-hal ini dan membuat keuanganmu hancur.

Untuk itu, ada baiknya kamu membuat budgeting terlebih dahulu. Alokasikanlah keuanganmu sesuai dengan skala prioritas. Daftar anggaran tersebut dapat dibuat dengan menentukan persenan pada kebutuhan, keinginan, dan dana darurat. Jika sudah mengelompokkan, kamu dapat menentukan skala prioritas kebutuhan dan meminnimalisir hal-hal yang sekiranya tidak penting untuk dilakukan.

  1. Belanja Kebutuhan sebelum Harga Melonjak

Bulan ramadan dan lebaran sangat identik dengan kenaikan harga di pusat-pusat perbelanjaan. Sebelum harga tersebut naik, ada baiknya kamu berbelanja terlebih dahulu keperluan yang dibutuhkan kelak. 

Selain harganya belum naik, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan harga diskon besar-besaran, lho! Hal ini bisa kamu terapkan untuk mengatur keuangan di bulan ramadan, karena terbukti cukup ampuh. 

  1. Meminimalisir Buka Bersama

Ajakan bukber atau buka bersama merupakan agenda tahunan yang sulit untuk dilewatkan ketika bulan ramadan. Momen ini juga sering dimanfaatkan sebagai ajang reuni untuk menjaga tali silaturahmi. Namun, hal tersebut dapat membuat keuanganmu menjadi berantakan.

Untuk itu, ada baiknya kamu meminimalisir kegiatan ini. Jika ajakan buka bersama terus diterima, maka keuanganmu hanya akan habis untuk hal ini saja. Membatasi buka puasa di luar rumah bisa jadi tips mengatur keuangan di bulan ramadan yang ampuh, lho!

  1. Memasak Sendiri Menu Sahur dan Berbuka

Mengatur keuangan di bulan ramadan dapat dilakukan dengan memasak sendiri menu sahur dan berbukamu. Meskipun sedikit merepotkan diri, namun dengan memasak sendiri kamu dapat menekan budget keuangan yang dimiliki.

Makanlah menu sahur dan berbuka yang sudah ada di rumah – jika kamu masih tinggal bersama orang tua, dan coba memasak sendiri menu sahur dan berbukamu agar lebih irit.

  1. Berbuka dengan Secukupnya

Saat sore tiba, kamu seringkali merasa ingin membeli banyak takjil dan makanan menarik lainnya. Sayangnya, saat waktu berbuka puasa tiba, kamu merasa tidak ingin memakan makanan tersebut. Hal itulah yang dinamakan dengan lapar mata.

Saat momen lapar mata tiba, ada baiknya untukmu menjaga nafsumu dan menerapkan pola pikir bahwa makanan yang di beli sesuai dengan kebutuhanmu saja, bukan keinginanmu. Kebiasaan jajan banyak saat berbuka puasa jika dilakukan secara terus menerus tentu akan membuat keuanganmu bengkak. Maka, cobalah kontrol diri terhadap kebiasaan ini ya!

Itulah tips yang dapat dilakukan untuk mengatur keuangan di bulan ramadan. Mulai hari ini, cobalah terapkan ini agar lebaranmu dapat terasa lebih menyenangkan! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Sep 23, 2022

Berkat TikTok, 5 Wisata Hits di Jakarta Ini Ramai Dikunjungi!


Jakarta, Retinad.com – Sudah tidak asing lagi, bahwa Jakarta disebut...

Lifestyle Mar 26, 2022

5 Rekomendasi Novel untuk Menambah Wawasanmu di Akhir Pekan


Jakarta, Retinad.com – Membaca buku merupakan salah satu kegiatan yang...

Lifestyle Oct 12, 2021

Mengenal Stadion Atletik Mimika, Venue Terbaik di PON XX Papua!


Jakarta, Retinad.com – Indonesia saat ini sedang menggelar perhelatan Nasional...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.