Digital Marketing Apr 12, 2022

Selain Memanjakan Konsumen, Ini 5 Tips Menarik ala Starbucks!

Jakarta, Retinad.com – Starbucks sangat terkenal sebagai kedai kopi yang mendunia. Starbucks telah berdiri sejak tahun 1972 di Pike Place Market, Seattle, Amerika Serikat. Setelah puluhan tahun berdiri, Starbucks telah mampu menjadi kedai kopi raksasa di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Selain Memanjakan Konsumen, Ini 5 Tips Menarik ala Starbucks!

Selain rasanya yang memang nikmat, kehadiran Starbucks sebagai kedai kopi juga terkenal dengan promosinya yang tidak kalah menarik. Lalu, apa yang membuat Starbucks akhirnya membuka kurang lebih 478 gerainya di Indonesia? Cobalah simak tips marketing ala Starbucks di bawah ini!

  1. Memaknai Logo 

Seperti yang diketahui, Starbucks memiliki logo bergambarkan putri duyung berekor ganda bernama Siren. Mitos Yunani mengatakan, bahwa Siren terkenal pandai merayu para pelaut dengan lagu yang dinyanyikannya. Hal ini dimaknai dengan sangat baik oleh Starbucks.

Starbucks memilih logo bergambar Siren dengan harapan dapat menarik perhatian para pecinta kopi untuk berkunjung ke Starbucks. Warna hijau yang mengelilingi Siren dilambangkan sebagai makna pertumbuhan untuk mencapai titik kesuksesan.

Penggunaan logo dalam bisnis sangatlah penting. Karena logo akan membuat bisnismu dengan mudah dikenal dan juga dapat berkembang. Logo juga akan membantu bisnismu melekat pada benak konsumen, sehingga dapat dengan mudah diingat.

  1. Menggunakan Emotional Connection

Ketika memesan menu di Starbucks, para barista pasti akan menanyakanmu ukuran Cup yang akan dipilih. Baik besar, sedang atau besar – yang di mana di Starbucks di sebut sebagai tall, grande, dan venti. Sebagai pembeli, kamu nanti akan ditanya namamu dan menulsikannya di cup masing-masing. Apabila kopi sudah siap, barista akan memanggil namamu. 

Hal inilah yang disebut dengan emotional connection. Para barista akan membangun komunikasi dengan ramah, sehingga para pembeli merasa dekat, dilayani dengan baik, serta merasa istimewa.

  1. Terus Berinovasi untuk Mengembangkan Produknya

Starbucks dikenal sebagai kedai kopi yang menyediakan kopi baru di setiap musimnya. Musim-musim tersebut tidak hanya sebuah musim cuaca saja, namun hari-hari istimewa yang dirayakan. Seperti valentine, halloween, dan lain-lainnya. 

Starbucks akan menyediakan varian minuman tematik sesuai dengan perayaan hari tersebut. Salah satu inovasi dari Starbucks selama pandemi ini adalah menyediakan kemasan kopi botolan dengan ukuran 1 liter agar para penikmat setianya tanpa harus keluar rumah.

  1. Promo yang Tidak ada Habisnya

Semenjak kemunculan Starbucks di aplikasi chatting Line, Starbucks seringkali memberikan banyak kupon promo. Seperti Promo Buy 1 Get 1, Rp.50.000 dapat dua, promo tanggal cantik, dan lain-lainnya. 

Starbucks juga memberikan Starbucks Reward jika kamu memiliki card member Starbucks di setiap tahun pada hari ulang tahunmu. Dengan memiliki Starbucks Card, kamu dapat mendapatkan banyak keuntungan. Memanjakan konsumen merupakan salah satu strategi Starbucks yang cukup melekat, ya.

  1. Berpartisipasi untuk Bumi

Selain menjual kopi dan minuman olahannya, Starbucks juga menjual berbagai macam tumbler menarik. Dengan membeli tumbler Starbucks, kamu juga mendapat keuntungan dengan memperoleh potongan sebesar 30-50% di setiap hari Kamis. Selain itu, di tanggal 22 setiap bulannya, kamu akan memndapatkan potongan yang sama – tanggal tersebut dimaknai sebagai Tumbler Day.

Starbucks telah berhasil membangun kedai kopi terbesar di dunia dengan marketing yang menarik. Siapa yang tidak tergiur dengan rasa nikmat, promo menarik, serta kemanjaan yang disediakan oleh Starbucks?

Jika kamu terinspirasi untuk membangun kedai kopi dengan marketing serupa dengan Starbucks, ada baiknya untukmu mengenal terlebih dahulu konsumenmu. RETINAD dapat membantumu lebih mengenal konsumen dengan membagikan survei pelanggan. Jika tertarik pada penawaran ini, segeralah hubungi kontak di bawah ini ya! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Mar 23, 2020

Mengenal 5 Kesalahan Umum dalam Digital Marketing, Yuk Belajar Lebih Baik!


Perkembangan teknologi telah memotivasi banyak orang untuk menekuni digital marketing....

Digital Marketing Nov 24, 2021

Tak Terduga, 5 Cara Ini Mampu Meningkatkan Creative Thinking, Lho!


Jakarta, Retinad.com – Dalam menjalani bisnis, berpikir kreatif adalah sebuah...

Digital Marketing Apr 17, 2020

4 Alasan Mengapa Video Bisa Jadi Strategi Digital Marketing Efektif


Untuk meningkatkan perfoma bisnis, kamu bisa menerapkan strategi digital marketing yang...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.