Digital Marketing Jul 20, 2022

Sebagai Seorang Marketer, 5 Skill ini Penting untuk Dimiliki, Lho!

Jakarta, Retinad.com – Perkembangan teknologi dan informasi yang melaju dengan sangat pesat ini menuntut sebagian besar orang untuk ikut terus berkembang mengikuti zaman. Salah satunya adalah para pengusaha, pebisnis, dan juga pemasaran yang belajar untuk mengatur pemasarannya melalui digital marketing.

Sebagai Seorang Marketer, 5 Skill ini Penting untuk Dimiliki, Lho!

Melakukan pemasaran tidak hanya sekedar berjualan secara online, kamu harus memiliki skill untuk menjalaninya. Melihat zaman yang semakin berkembang ini, alangkah baiknya kamu sebagai pemasar mencoba memiliki 5 skill dalam digital marketing agar bisnismu dapat berkembang dengan baik.

Agar dapat bersaing dengan kompetitor, cobalah untuk membaca artikel ini sampai habis!

  1. Data Analyst

Saat ini, data menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam industri apapun – termasuk bisnis. Untuk itu, kamu juga harus memahami informasi dan interaksi yang berada dalam target pasar. Sebagai seorang marketer, kamu harus memahami data yang dimiliki dan menganalisisnya dengan baik untuk mencapai target yang diharapkan.

Hasil data ini perlu untuk dipahami, karena data inilah yang akan membuat pasarmu menjadi lebih luas dan membuat keputusan pemasaran yang baik. Jadi, sebagai seorang marketer – pastikan kamu memiliki skill ini ya!

  1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh kamu yang memiliki website bisnis. SEO merupakan skill yang dapat membuat website-mu berada pada tingkat halaman pertama mesin pencari. Sehingga konsumen akan dengan mudah menemukan daya tarik pada bisnismu.

Jika website yang dimiliki berada di halaman pertama pencarian, maka website bisnismu akan dengan mudah ditemukan oleh calon konsumen. Dengan cara ini, bisnismu akan mudah ditelurusi dan traffic perusahaan akan meningkat.

  1. Content Creating

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan profesi content creator, kan? Tidak hanya buat konten semata, ternyata skill ini memang wajib untuk dimiliki, lho! Dengan skill ini, kamu dapat menjual produkmu dengan baik melalui blog, Twitter, TikTok, Instagram, dan sosial media lainnya.

Content creating sendiri mewakili keterampilan untuk story telling, copywriting, serta hal-hal kreatif yang membuat konten marketingmu terlihat menarik. Mengingat persaingan dalam dunia bisnis saat ini sudah cukup ketat, pastikan untuk membuatnya dengan baik ya!

  1. CRM (Customer Relationship Management)

Loyalitas pelanggan merupakan hal yang harus diperhatikan dan dijaga dengan baik dalam dunia bisnis. Untuk itu, penting untukmu memiliki skill CRM agar komunikasi dengan mengoptimalkan pengalaman pelanggan. Hal ini seringkali dilewatkan oleh para pebisnis, lho!

Jika kamu dapat menghubungkan konsumen dengan tingkat yang lebih emosional, maka konsumen juga akan lebih melekat dengan bisnismu. Tingkat loyalitas konsumen ke produk dan layanan perusahaan juga akan semakin tinggi.

  1. Social Media Management

Mengingat era digital dan kencangnya digital marketing, kamu juga harus mengingat bahwa sosial media perlu ditingkatkan dengan baik. Sosial media menjadi tempat di mana kamu dan target pasarmu bertemu dalam dunia digital, sehingga perlu dimanfaatkan dengan optimal.

Jangan salah, management pada sosial media tidak hanya masalah posting konten, lho. Kamu juga harus menjaga kualitas konten, relevansi konten, dan interaksi yang baik. Maka, penting untukmu mengatur strategi sosial media yang baik.

Itulah kelima skill yang perlu dikembangkan untuk tetap bertahan di era digital ini. Jika masih kesulitan dnegan mengembangkan skill ini, kamu bisa menggunakan RETINAD untuk membantu bisnismu tetap berkembang. Silahkan hubungi kontak di bawah untuk mengetahui selanjutnya ya! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Oct 26, 2021

Ingin Meningkatkan Peringkat Website di Google? Simak 5 Cara Ini!


Jakarta, Retinad.com – SEO atau search engine optimization saat ini...

Digital Marketing Feb 15, 2022

Coba Peruntungan Baru dengan Berjualan di TikTok Shop


Jakarta, Retinad.com – TikTok saat ini menjadi salah satu platform...

Digital Marketing Aug 29, 2022

Agar Bisnis Semakin Laris, Yuk Kenali Business Partnership!


Jakarta, Retinad.com – Bisnis tidak dapat terbangun begitu saja, ada...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.