Digital Marketing Oct 08, 2021

Ingin Jadi Content Creator? Ini 3 Hal Penting yang Harus Diketahui!

Jakarta, Retinad.com – Salah satu pekerjaan yang sangat diminati serta dicari saat ini adalah content creator. Kemampuan membuat konten dan tetap kreatif tentunya bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Seorang content creator harus mampu mengimplementasikan ide menjadi sebuah karya kreatif dengan nilai tinggi serta menyampaikan pesan agar dapat dierima dengan baik.

Namun hal itu bukanlah hal yang mudah. Untuk mengeksekusi sebuah ide terdapat banyak tahapan yang harus dilewati. Belum lagi ketersediaan tools yang masih terbatas atau bahkan sulit untuk dioperasikan.

Ingin Jadi Content Creator? Ini 3 Hal Penting yang Harus Diketahui!

Untuk itu, penting bagi seorang content creator untuk menguasai dan mempersiapkan hal-hal esensial. Penasaran dengan hal-hal tersebut? Langsung saja simak ketiga hal tersebut di bawah ini!

Mengandalkan Gadget yang Dimiliki

Sebagai content creator tentunya kamu harus memiliki perangkat yang dapat mendukung kerjamu menjadi lebih mudah. Gadget dapat diibaratkan sebagai tempat di mana kamu mengumpulkan hampir seluruh pekerjaanmu dan tentunya akan sangat membantu dalam membuat konten.

Dengan mengandalkan gadget yang dimiliki dan memanfaatkan fitur-fitur yang ada. Kamu dapat merancang serta membuat konten dengan mudah. Namun yang harus diingat, penggunaan gadget pada content creator merupakan hal yang krusial. Jadi pastikan untuk menggunakannya dengan bijak ya!

Memilih Topik dengan Pertimbangan Audience Centric

Sebelum mulai membuat konten, topik merupakan hal yang wajib dipertimbangkan. Mencari topik sebenarnya menjadi hal yang tricky – karena dapat mudah didapatkan dari hal yang ada di sekitar kita. Namun juga menjadi susah apabila hal tersebut tidak relate dengan topik yang disukai audiens.

Untuk itu, penitng untukmu mengetahui prinsip dasar untuk mencari topik. Prinsip tersebut dapat dilakukan dengan mengidentifikasi poin-poin pada topik menarik yang tersedia. Seperti menganalisis 5W+1H di setiap topik yang ditemukan.

Mengasah Story Telling-Mu

Setelah mengetahui topi yang ingin kita bahas pada konten, dalam mengemasnya kamu tidak dapat memberikannya mentah begitu saja. Kamu harus mengemas dan menceritakan topik tersebut ke dalam sebuah konten yang menarik.

Cara mengemas dengan story telling seringkali dianggap efektif berhasil menarik audiens. Namun juga story telling merupakan hal sulit untuk dikuasai. Untuk itu – seorang content creator harus dipastikan paham betul dengan topik yang akan diangkat dan mulai mengasah kemampuan story telling yang dimiliki.

Sejak kita kecil, semua orang sudah dilatih secara alami dengan story telling. Bakat yang sebenarnya sudah dimiliki oleh semua orang ini harus diasah dan terus dikembangkan. Terlebih pada seorang content creator, tentu saja hal ini tidak boleh terlewatkan. Dalam membuat konten, ceritakanlah topik yang sudah ditetapkan dengan gaya masing-masing untuk menciptakan orisinalitas.

Itulah ketiga hal penting yang harus dimiliki oleh seorang content creator. Kembangkan ketiga hal ini maka kamu akan menjadi content creator handal deh! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Dec 13, 2022

Jelang Akhir Tahun, Simak 5 Ide Promo untuk Bisnismu Di Sini!


Jakarta, Retinad.com – Pekerjaan menjelang akhir tahun menjadi salah satu...

Digital Marketing Jan 10, 2022

5 Langkah Membuat Kalender Konten untuk Sosial Media Marketing


Jakarta, Retinad.com – Mengelola bisnis di sosial media memang sudah...

Digital Marketing Mar 02, 2022

Cara Jitu Menaikkan Penjualan Bisnismu: Sudah Pernah Dengar Decoy Effect?


Jakarta, Retinad.com – Dalam menjalani bisnis, meraih keuntungan sebanyak mungkin...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.