Digital Marketing Jul 25, 2022

Yuk, Berkenalan dengan Emotional Marketing agar Bisnis Semakin Tepat Sasaran

Jakarta, Retinad.com – Promosi yang dilakukan setiap bisnis memiliki cara yang berbeda-beda. Promosi yang dilakukan tentunya harus mendukung produk yang ditawarkan. Agar dapat menawarkannya dengan baik, apakah kamu pernah coba emotional marketing?

Yuk, Berkenalan dengan Emotional Marketing agar Bisnis Semakin Tepat Sasaran

Jika belum, cobalah untuk mengenal emotional marketing dan menerapkannya bisnismu. Selengkapnya, yuk simak artikel ini sampai habis!

Mengenal Emotional Marketing

Secara sederhana, emotional marketing adalah cara yang diterapkan oleh merek dalam melakukan promosi, namun pendekatannya akan melalui emosional. Hal ini dilakukan agar pelanggan betah pada sebuah merek. Dengan rasa ini, emosional antara merek dan pelanggan akan tercipta – sehingga konsumen dapat menggunakan merek tersebut secara berulang.

Emotional Marketing bertujuan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan agar dapat terus berkelanjutan hingga pelanggan merasa puas dan ketergantungan pada produk yang disediakan sebuah merek. Dengan cara ini, penjualan pada produk akan meningkat.

Pentingnya Hubungan Emosional dengan Pelanggan

Cara pelanggan menghabiskan waktu dengan merek adalah waktu yang tepat untuk menciptakan keterikatan secara emosional. Adanya sentuhan emosional ini dapat menciptakan perbedaan besar bagi sebuah merek.

Keterikatan emosi yang terjalin akan membuat pelanggan ingin melakukan produk pada sebuah merek secara berkelanjutan. Melalui emotional marketing, kamu akan terfokus pada perasaan pelanggan saat mereka tidak lagi menggunakan produkmu dan merekomendasikannya ke orang lain. Tidak melulu soal pelanggan tersebut, namun hal ini dapat menyebar secara word of mouth.

Lima Pendekatan dengan Emotional Marketing

Terdapat empat pendekatan yang dapat dilakukan untuk membangun emotional marketing. Berikut penjelasan lengkapnya:

  1.  Emotional Marketing Inspirasional

Hal ini terjadi di mana sebuah brand memiliki reputasi yang melekat pada seseorang yang inspiratif. Sehingga merek terkait dapat berkembang melalui orang tersebut. Dengan cara ini, konsumen akan menghubungkan kehidupan orang tersebut terhadap brand yang dirpomosikannya.

  1. Emotional Marketing Aspirasional

Cara aspirasional merupakan emotional marketing dengan memunculkan reaksi emosional dari pelanggan sebagai perasaan puas pada produk yang ditawarkan. Para pelanggan dapat mencapai mimpinya dengan menggunakan produk ini. Merek yang menggunakan pendekatan ini biasanya adalah finansial & properti.

  1. Local Angle

Suatu merek akan terasa menarik bila mereka menunjukkan kebanggaan terhadap tempat lahirnya merek tersebut. Pendekatan emosional secara budaya dapat membuat merek tersebut dikenal dengan daerah asalnya. Seperti merek yang lokal yang sudah mendunia.

  1. A Milestone Connection

Suatu merek bisa memperkuat hubungan dengan konsumen apabila merek tersebut dapat merepresentasikan mereknya dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa merek tersebut konsisten dalam berkarir dan membuat strategi. Proses ini dapat dibikin menjadi sebuah cerita dalam hidup pelanggan, sehingga kesusesan yang diraih merek akan terfokus pada bantuan yang diberikan oleh pelanggan.

Merancang sebuah bisnis dapat dilakukan dengan promosi yang baik. Keempat pendekatan pada emotional marketing ini dapat kamu lakukan untuk bisnismu. Pastikan kamu melakukannya dengan tepat sesuai target audiens ya! (PRIL/RETINAD)

 


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Jul 22, 2022

5 Hal yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen untuk Mengetahui Strategi yang Tepat


Jakarta, Retinad.com – Salah satu kunci kesuksesan dalam berbisnis adalah...

Digital Marketing Feb 21, 2022

3 Cara Menerapkan Flywheel pada Marketing: Pebisnis Harus Tau


Jakarta, Retinad.com – Para pebisnis di Indonesia, pembicaraan Flywheel Marketing...

Digital Marketing Nov 11, 2021

Mengenal UI/UX Writer: Pekerjaan Potensial di Era Digital


Jakarta, Retinad.com – Di era serba digital ini ada banyak...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.