Digital Marketing Aug 29, 2022

Agar Bisnis Semakin Laris, Yuk Kenali Business Partnership!

Jakarta, Retinad.com – Bisnis tidak dapat terbangun begitu saja, ada banyak pihak yang ikut andil di dalamnya. Peran inilah yang membuat bisnis semakin maju dan berkembang. Menjalin rekanan pada bisnis memang menguntungkan, namun pasti ada pula tantangan.

Agar Bisnis Semakin Laris, Yuk Kenali Business Partnership!

Rekanan bisnis atau business partnership memang menjadi hal yang perlu dikembangkan. Meskipun menantang, kamu harus mengelolanya dengan baik. Jika kamu adalah pebisnis pemula, cobalah untuk membaca artikel ini sampai habis untuk mengetahui tips dari business partnership itu sendiri.

Membangun Visi Bersama

Memulai sebuah bisnis menjadi salah satu hal yang menarik, namun tidak dapat dipungkiri bila didalamnya akan terdapat banyak rintangan. Ibaratkan suatu hubungan, kamu harus menggabungkan visi untuk mencapai tujuan yang sama.

Hal ini perlu dilakukan agar di tengah perjalanan bisnis, kamu dan partner tidak mengalami selisih paham. Jika memang ada, setidaknya kamu dapat kembali menyatukan isi kepala untuk memajukan bisnis bersama. Jadi, pastikan sudah menetapkan sejak awal sebelum mulai partnership ya?

Meminta Nasihat Hukum

Dalam membangun business partnership, kamu perlu menyadari semua hal tidak bisa dibangun berdasarkan kepercayaan – apalagi, bisnis menyangkut dengan keuangan. Sebelum menjalin business partnership, kamu perlu memahami kewajiban sebagai rekan dan mempersiapkan akuntabilitas keuangan bersama.

Agar keuangan yang dikeluarkan dapat terpakai dengan baik, kamu perlu meminta nasihat keuangan. Hal ini juga dilakukan agar menghindari masalah yang sekiranya akan terjadi di masa depan dan membuat bisnismu hancur. Dengan meminta nasihat hukum, kamu dapat menyelamatkan bisnismu di masa depan.

Memiliki Perjanjian Tertulis

Sekecil apapun bisnis yang dijalankan, kamu perlu melakukan business partnership dengan surat perjanjian. Akan menjadi kesalahan terbesar apabila kamu menjalin rekan kerja dengan sebuah bisnis namun tidak memiliki perjanjian tertulis. Tidak hanya masalah peraturan, perjanjian ini akan menjelaskan parameter hubungan profesional yang terjalin.

Jangan lupa untuk membahas elemen penting di perjanjian ini – seperti memikirkan aturan dalam bisnis, tujuan, tugas dan tanggung jawab, bola keputusan, problem solving, serta pembagian pendapatan. Perjanjian ini juga harus menyertakan pertanyaan spesifik tentang salah satu pihak yang ingin mencabut rekanan sebelum waktu yang ditentukan.

Itulah hal yang harus dilakukan dalam menjalin business partnership. Jika bisnismu menjadi rekan kerja dari RETINAD, kamu sudah pasti mendapatkan hal-hal ini – sehingga dapat terpercaya. Yuk, jadikan RETINAD rekan kerja untuk membuat bisnismu lebih maju! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Apr 06, 2020

Tips Marketing agar Usaha Kamu Tetap Berjalan Walau Dilanda Pandemi!


Tak usah murung, selalu positif! Tips marketing ini bisa menjadi...

Digital Marketing Jan 16, 2022

Funnel Marketing: Cara Unik Strategi Pemasaran Agar Lebih Maksimal


Jakarta, Retinad.com – Sebagai pelaku bisnis, banyak hal yang harus...

Digital Marketing Mar 29, 2022

Ramai Dibincangkan, Apakah Affiliate Marketing benar Menguntungkan?


Jakarta, Retinad.com – Istilah Affiliate Marketing beberapa waktu ke belakang...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.