Lifestyle Sep 16, 2022

#RekomendasiVakansi: Yuk, Berakhir Pekan ke 5 Museum Seni di Jakarta Ini!

Jakarta, Retinad.com – Salah satu destinasi wisata di Jakarta yang cukup banyak namun jarang untuk dilirik adalah Museum. Jangan salah, Museum di Jakarta tidak hanya bercerita soal sejarah, lho. Terdapat banyak juga museum seni yang dapat dikunjungi dan tentunya memiliki hal yang menarik untuk dilihat.

#RekomendasiVakansi: Yuk, Berakhir Pekan ke 5 Museum Seni di Jakarta Ini!

Pameran seni saat ini menjadi hal yang diminati oleh sebagian besar orang. Namun jika kamu belum mengetahuinya, ada beberapa museum seni di Jakarta yang bisa kamu nikmati, lho! Jika kamu belum memiliki destinasi akhir pekan, cobalah membaca artikel ini sampai habis.

  1. Hadiprana Gallery

Hadiprana Gallery merupakan salah satu galeri seni tertua dan pertama ada di Indonesia. Telah berdiri sejak tahun 1962, galeri ini menampilkan instalasi karya pribadi Hendra Hadiprana – yaitu seorang desainer dan juga arsitek senior Indonesia. Instalasi yang dipamerkan merupakan karya-karya yang terinspirasi dari budaya Indonesia.

Selain karya pribadinya, galeri ini juga menampilkan seni yang dirancang oleh seniman-seniman ternama Indonesia lainnya. Galeri ini dapat menjadi salah satu destinasi wisata jika kamu ingin seni dan kebudayaan Indonesia lebih mendalam. Bertempat di Jl. Kemang Raya, No.32, Jakarta Selatan, kamu dapat mengunjungi galeri ini mulai pukul 10.00-17.00 WIB di hari Senin-Sabtu.

  1. ART:1 New Museum

Art:1 New Museum adalah sebuah museum kontemporer yang cukup populer di Jakarta selama beberapa tahun ke belakang. Pada awanya, museum ini merupakan sebuah galeri seni pribadi dengan nama Mon Décor yang didirikan oleh Martha Gunawan pada tahun 1983. Setelah itu, galeri ini berganti nama menjadi Art:1 New Museum di tahun 2009.

Setelah berganti nama, museum kontemporer ini diresmikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta di tahun 2022, yaitu Fauzi Bowo. Museum ini memiliki lebih dari 2.500 karya seni yang dipamerkan. Bertempat di Jl. Rajawali Selatan Raya, No.3, Gunung Sahari Utara, Jakarta Pusat, kamu dapat mengunjungi museum ini di hari Selasa-Minggu dari pukul 10.00-18.00 WIB.

  1. Taman Ismail Marzuki

Beberapa bulan lalu, Taman Ismail Marzuki baru saja membuka kembali setelah direvitalisasi sejak 2019 lalu. Pusat kesenian dan kebudayaan ini telah dibangun sejak 1968. Saat itu, TIM diresmikan oleh Gubernur DKI pertama, Ali Sadikin. Sejak saat itu, TIM telah menjadi ruang ekspresi bagi para seniman.

Setelah dibuka kembali, TIM dibuka dengan konsep dan arsitektur yang lebih modern nan estetik. Galeri seni yang dipamerkan di TIM sangat beragam, mulai dari arsitektur, karya seni, hingga desain. Selain karya seni, TIM juga menyediakan perpustakaan dan co-working space. Bertempat di Jl. Cikin Raya, No. 73, Menteng, Jakarta Pusat, kamu dapat mengunjungi TIM setiap hari.

  1. Galeri Salihara

Galeri di Jakarta yang satu ini berada di gedung Komunitas Salihara. Komunitas ini sendiri merupakan komunitas para seniman dan penikmat seni yang telah berdiri sejak tahun 2008. Komunitas ini merupakan pusat kesenian multidisiplin milik swasta pertama di Indonesia, yaitu Goenawan Mohamad – yang merupakan Sastrawan dan mantan pemimpin redaksi Majalah Tempo.

Galeri ini cukup aktif mengadakan pameran dan pentas seni yang dapat dihadiri oleh masyarakat umum. Selain memamerkan seni, tempat ini juga menyediakan co-working space yang dapat disewakan untuk kegiatan seni. Bertempat di Jl. Salihara, No.16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, kamu dapat mengunjungi galeri ini setiap hari.

  1. CAN’s Gallery

Museum seni atau galeri terakhir yang menjadi referensi untuk dikunjungi adalah CAN’s Gallery. Galeri seni yang satu ini cukup aktif mengadakan pameran seni rupa yang ada di Indonesia. Baik pameran promosi, mediasi, atau mengembangkan karir seniman lebih luas.

Karya yang ditampilkan di CAN’s gallery berasal dari beragam seniman ternama. Jika kamu berkunjung ke galeri ini, kamu tidak akan dipungut biaya, lho! Silahkan berkunjung ke Jl. Tanah Abang II, No.25, Gambir, Jakarta Pusat. Kamu dapat mengunjunginya di hari Senin-Sabtu pukul 10.00-17.00 WIB.

Selain MoJa Museum dan Museum MACAN, ternyata ada banyak galeri seni di Jakarta yang bisa kamu kunjungi, bukan? Selamat berakhir pekan dengan destinasi baru ya! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Jun 10, 2022

Bercerita dengan Nongkrong Asyik di Two Stories Bogor


Jakarta, Retinad.com – Nuansa sejuk dan kuliner menjadi salah satu...

Lifestyle Dec 30, 2022

Menyambut Tahun Baru dengan 5 Kegiatan Seru


Jakarta, Retinad.com – Malam tahun baru selalu menjadi waktu yang...

Lifestyle Sep 05, 2021

Bukan Masalah Pengalaman, Ini Alasan Kenapa Harus Punya Mesin Kopi Rumahan!


Jakarta, Retinad.com – Bagi para pecinta kopi, menyantap kopi bukan...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.