Digital Marketing Nov 01, 2022

Mengenal Dua Samudera dalam Bisnis: Red dan Blue Ocean Strategy

Jakarta, Retinad.com – Marketing menjadi salah satu hal penting dalam sebuah bisnis. Sehingga penerapannya pun juga harus tepat. Untuk menerapkannya, ada beberapa teori dan pandangan yang bisa dijadikan referensi.

Mengenal Dua Samudera dalam Bisnis: Red dan Blue Ocean Strategy

Nah, sebagai pemilik bisnis – apakah kamu sudah mengetahui tentang Red Ocean dan Blue Ocean Strategy? Kedua strategi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan dalam penerapannya harus disesuaikan kembali dengan bisnismu.

Agar tahu memilih strategi yang mana, cobalah untuk menyimak artikel ini sampai habis!

Mengenal Red Ocean Strategy

Red Ocean Strategy merupakan sebuah strategi bisnis yang menempatkan sebuah produk di tengah-tengah pasar yang sudah ada dan mencoba untuk bertahan serta berkompetisi dalam pasar ini. Sehingga, bisnis dengan red ocean strategy biasanya akan bersaing ketat dengan kompetitornya.

Bisnis yang menerapkan strategi ini harus mampu dan unggul dalam berkompetisi. Bisnis dengan red ocean strategy berciri untuk memposisikan value proposition yang berbeda dengan kompetitor. Perusahaan dengan strategi ini akan mengeksploitasi permintaan market dan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas agar pelanggan tetap setia pada bisnisnya.

Mengenal Blue Ocean Strategy

Berbeda dengan yang di atas, Blue Ocean Strategy memiliki strategi bisnis yang menekankan sebuah bisnis untuk tidak memenangkan persaingan yang ada di pasar. Dalam artian, Blue Ocean Strategy akan membuat sebuah bisnis nyaris tidak ada pesaing. Hal ini dikarenakan bisnis dengan strategi ini sudah berani tampil beda dari para pesaingnya. Sehingga pasar yang tertarik pada bisnis ini merupakan segmen khusus dan menciptakan permintaan tinggi.

Mengimplementasikan Blue Ocean Strategy bukanlah hal yang mudah. Kamu perlu meningkatkan kreativitas, kecerdasan, dan kegigihan dalam melihat potensi pasar. Pastinya, kamu juga membutuhkan biaya yang cukup besar untuk mengimplementasikannya. Dibalik itu semua, bisnis dengan strategi ini juga memerlukan promosi, edukasi, dan hal pendukung lainnya untuk mendorong penjualan agar mencapai hasil yang maksimal.

Perbedaan Red Ocean Strategy dan Blue Ocean Strategy

Setelah mengetahui keduanya, secara garis besar Red Ocean Strategy merupakan lautan dengan banyak ikan dan Blue Ocean Strategy merupakan lautan dengan ikan yang hanya memiliki keunikan tersendiri. Red Ocean Strategy sendiri akan memerangi kompetisi di pasar dan berlomba untuk lebih unggul dari kompetitor. Sedangkan Blue Ocean Strategy akan menciptakan pasarnya sendiri karena tidak memiliki pesaing.

Red Ocean Strategy juga memiliki nilai biaya yang harus dipertimbangkan dengan kompetitor, sedangkan Blue Ocean Strategy akan mendobrak hal tersebut dan tidak memiliki pertukaran nilai biaya. Yang terakhir, Red Ocean Strategy akan mengeksploitasi permintaan dari konsumen. Sedangkan Blue Ocean Strategy akan menciptakan dan menerima permintaan baru dari konsumen.

Itulah hal mengenai Red Ocean Strategy dan Blue Ocean Strategy yang perlu diketahui untuk bisnismu. Jika kamu masih bingung untuk menerapkan strategi yang mana, mungkin RETINAD bisa membantu perkembangan bisnismu! RETINAD memiliki solusi untuk bisnismu dengan memperluas pasar, membagikan survey pelanggan, serta ads placement. Segera hubungi kontak di akhir laman ini untuk info lebih lanjutnya ya! (PRIL/RETINAD)

 


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Sep 27, 2021

Tips Social Media Optimization dengan 4 Langkah Ini: Dijamin Maksimal!


Jakarta, Retinad.com – Pertumbuhan sosial media sebagai platform yang paling...

Digital Marketing Mar 23, 2020

Mengenal 5 Kesalahan Umum dalam Digital Marketing, Yuk Belajar Lebih Baik!


Perkembangan teknologi telah memotivasi banyak orang untuk menekuni digital marketing....

Digital Marketing May 23, 2022

Google Lighthouse: Tools Google yang Dapat Membantu Menaikkan Performa Website


Jakarta, Retinad.com – Dalam mengelola website untuk bisnis, penting tentunya...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.