Lifestyle Oct 17, 2021

Untuk Kamu yang Diet, Simak 4 Cara Bikin Kopi Manis Tanpa Gula Ini!

Jakarta, Retinad.com – Ada dua jenis orang di dunia ini perihal menyantap kopi, menikmati kopi manis dan menikmati kopi pahit. Bagi para penikmat kopi manis, seringkali dilanda kegelisahan. Karena rasa gulanya yang terlalu manis, tidak pas, dan lain-lainnya.

Untuk Kamu yang Diet, Simak 4 Cara Bikin Kopi Manis Tanpa Gula Ini!

Penggunaan gula pada kopi juga seringkali menjadi hal yang dipertimbangkan bagi kamu yang sedang melakukan diet atau memang mengurangi konsumsi gula karena alasan kesehatan. Tenang, menikmati kopi manis ternyata tidak harus menggunakan gula, lho!

Meskipun tidak dapat menghilangkan rasa pahit – karena memang itu rasa kopi sendiri, kamu dapat menggunakan 4 bahan alternatif di bawah ini ketika mengonsumsi kopi. Apa saja bahan tersebut? Simak sampai habis ya!

Madu

Madu seringkali menjadi alternatif rasa manis bagi para penikmat kopi. Kopi hitam seperti long black dan Americano yang biasa dikonsumsi dengan gula – ternyata dapat digantikan dengan madu, lho!

Rasanya nikmat dari rasa manis madu yang khas dapat tercampur dengan pahit kopi hangat, sehingga dapat menciptakan cita rasa yang lebih menarik. Baik kopi seduh dingin maupun kopi seduh hangat, semuanya bisa digunakan dengan alternatif madu kok!

Campur dengan Susu

Minum kopi dengan campuran susu seperti menu espresso base tentunya akan banyak menggunakan susu sebagai campuran pada kopi. Susu yang dipanaskan ternyata dapat memberikan rasa manis pada pahitnya kopi dan mengurangi rasa pahit itu sendiri.

Hal itu menjadi alasan mengapa pada secangkir cappuccino, café latte, flat white dan piccolo latte  tidak disarankan untuk ditambakan gula lagi – karena sesungguhnya kandungan susu sudah memberi rasa manis sendiri, meskipun tidak menghilangkan rasa pahit.

Kayu Manis

Selain dimanfaatkan serta digunakan pada taburan di atas cappuccino dan café latte, bubuk kayu manis atau cinnamon ternyata juga dapat dijadikan campuran pada kopi dan akan menambah rasa manis. Selain manis, cinnamon  juga memberikan aroma yang membuat kenikmatan pada kopi semakin meningkat.

Bubuk Cokelat

Tidak hanya kayu manis, bubuk cokelat juga seringkali menjadi taburan yang digunakan pada cappuccino dan café latte. Bubuk cokelat juga dapat dimanfaatkan menjadi campuran pada kopi untuk menambah rasa manis selayaknya cinnamon, lho!

Rasa manis yang ada pada rasa cokelat akan bercampur dengan rasa pahit kopi akan menciptakan cita rasa yang unik. Kamu juga dapat memilih alternatif seperti creamer jika ingin tekstur kopimu lebih creamy.

Itulah 4 alternatif gula yang dapat dicoba pada campuran kopimu. Kira-kira, alternatif manakah yang sesuai dengan seleramu? (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Apr 01, 2020

DIY: Minuman Menyegarkan Nan Unik yang Bisa Kamu Buat di Rumah!


Agar bisa menghilangkan rasa bosan di rumah, coba deh kamu...

Lifestyle Aug 25, 2022

Jangan Cuma Beli, Cobalah untuk Menanam Kopi!


Jakarta, Retinad.com – Saat ini, kehadiran coffee shop di Indonesia...

Lifestyle Sep 14, 2021

Bukan Sekedar Kreatif, Ini Hal yang Harus Diperhatikan Seorang Creativepreneur!


Jakarta, Retinad.com – Menjadi seorang pebisnis menjadi hal yang lumrah...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.