Lifestyle Nov 13, 2021

Cashless Society Bikin Semakin Boros? Ini 4 Cara untuk Mengehematnya!

Jakarta, Retinad.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa kemudahan akses dalam hidup yang dinikmati saat ini semua bermula dari kemajuan teknologi yang ada. Salah satu kemudahan akses yang dirasakan adalah hadirnya dompet digital yang menciptakan kebiasaan cashless society.

Kebiasaan ini pun didukung dengan keadaan pandemi yang membuat sebagian besar orang harus menerapkan gaya hidup non-tunai. Namun ternyata dari kemudahan yang diciptakan oleh cashless society ini membuat sebagian besar orang menjadi boros, lho!

Cashless Society Bikin Semakin Boros? Ini 4 Cara untuk Mengehematnya!

Jika kamu termasuk ke dalam kaum yang menjadi lebih boros sejak kehadiran cashless society, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar dompet digital ini dapat bekerja dengan baik untuk membuat transaksimu menjadi lebih praktis. Simak cara selengkapnya untuk berhemat di cashless society lewat artikel di bawah ini!

Memisahkan Alokasi 

Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, saat ini pasti kamu akan memanfaatkan fasilitas cashless untuk membantumu. Kemudahan inilah yang seringkali menjadi boomerang bagi para penggunanya sendiri – karena tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dengan cashless kamu juga akan lebih mudah mengeluarkan uang bukan untuk hal yang krusial.

Agar hal ini tidak terjadi, pisahkanlah alokasi gaji yang dimiliki, serta mencatat setiap pos pemasukan dan pengeluaran yang ada. Hal ini dapat dilakukan dengan memiliki beberapa rekening terpisah – seperti khusus untuk sehari-hari, tabungan, vakansi, atau bahkan investasi.

Menghindari Pinjaman Online

Selain kemudahan yang diberikan oleh cashless society dengan debit serta mobile banking, salah satu kemudahan yang tercipta adalah adanya peminjaman online yang marak hadir. Dengan segala macam penawaran yang dan proses yang mudah, banyak orang yang secara bebas termakan oleh penawaran ini dan akhirnya terhimpit hutang yang menumpuk.

Agar hal ini tidak terjadi, hindarilah peminjaman online – semenarik apapun penawarannya. Baik jumlah kecil atau besar, lebih baik jika tidak terpaksa jangan lakukan hal ini ya! Ada baiknya juga untuk kamu memastikan bahwa tidak memiliki jumlah kredit lebih dari 10% dari penghasilan bulanan. Dengan cara ini, keuanganmu pasti akan lebih stabil.

Menggunakan Cashless Hanya untuk Keperluan Sekunder

Jika ingin lebih mudah dan tidak terlenyap dengan penawaran dari cashless society, ada baiknya jika kamu hanya menggunakan metode pembayaran ini hanya untuk keperluan sekunder. Membeli snack, mencari hiburan, dan promo-promo makanan akan banyak hadir dari cashless society. 

Pengisian saldo untuk dompet digital dalam keperluan sekunder juga lebih baik dilakukan di awal bulan saja atau ketika kamu baru saja mendapatkan gaji utama. Jadi tidak akan ada lagi pengeluaran tidak terduga dan keuanganmu menjadi lebih terselamatkan.

Salah satu hal yang krusial dalam cashless society adalah jaringan internet yang kencang. Jika kamu datang ke tenant yang bekerja sama dengan RETINAD, kegiatan cashless society-mu akan berjalan dengan lancar. (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Jun 20, 2022

5 Dampak Buruk Hustle Culture yang Perlu Diketahui


Jakarta, Retinad.com – Permasalahan yang saat ini dihadapi oleh pekerja...

Lifestyle Jan 03, 2022

Diprediksi jadi Tren, Kenali 6 Dekorasi Unik di 2022!


Jakarta, Retinad.com – Setiap pergantian tahun, tentunya kamu memiliki resolusi...

Lifestyle Sep 10, 2021

Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta!


Jakarta, Retinad.com – Untuk kamu yang terbiasa menikmati kopi setiap...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.