Lifestyle Jan 28, 2022

4 Cara Mudah Analisis untuk Kamu yang Baru Merintis

Jakarta, Retinad.com – Menjalankan bisnis memang bukan hal yang mudah, apalagi untuk melihat peluang yang ada dalam bisnis tersebut. Namun yang harus diketahui, analisis peluang usaha bila baru merintis bisnis merupakan hal yang penting. Karena dengan menganalisis, kamu akan mendapatkan ide, efisiensi produksi, serta meningkatkan rasa percaya diri.

4 Cara Mudah Analisis untuk Kamu yang Baru Merintis

Analisis peluang usaha menjadi elemen kunci pada bisnis. Untuk kamu yang baru memulai bisnis, cobalah simak cara untuk menganalisis peluang usaha dengan cara di bawah ini!

Metode SWOT

Untuk menentukan peluang, cara analisis yang pertama dilakukan adalah SWOT. SWOT merupakan strength, weakness, opportunity, dan threats. SWOT merupakan metode analisa yang digunakan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal dari sebuah bisnis.

Dengan melakukan analisis SWOT, kamu akan dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam membangun bisnis dan memutuskan hal yang tepat. SWOT juga akan membuat keputusan bisnis menjadi lebih optimal.

Metode 5W + 1H

Seperti menulis berita, kamu juga dapat menggunakan metode 5W+1H untuk menganalisis peluang pada bisnis. Teknik ini akan membantumu menganalisis hal-hal yang belum dipahami dalam bisnis. Dari daftar pertanyaan what, where, when, why, who, dan juga, how, kamu dapat memahami banyak hal mengenai bisnis.

Sebelum memulai bisnis, kamu bisa membuat pertanyaan dengan konten ini dan menjawab satu persatu dengan kondisi bisnis saat ini. Metode ini diharapkan dapat menunjukkan pemahaman bisnis untuk melihat peluang yang ada di masa sekarang dan juga masa depan.

Studi Kelayakan Usaha

Terdapat banyak peluang yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Dengan metode ini, kamu dapat mempermudah analisis dengan menganalisis dengan filter jenis usaha yang menguntungkan, atau dari kelayakan bisnisnya.

Studi kelayakan usaha pada umumnya adalah sebuah proses penelitian yang dilakukan untuk mencapai kentungan maksimal dalam jangka waktu yang tidak ditentukan. Metode analisa peluang ini sangat populer dan sangat banyak digunakan.

Menyiapkan Business Plan

Seperti Studi Kelayakan Usaha, metode yang satu ini juga sudah banyak digunakan. Cara paling mudah dari analisis peluang usaha adalah dengan menyiapkan business plan secara matang. Untuk itu kamu dapat melihatnya dari struktur modal serta tantangan untuk pengembangan bisnis kedepannya.

Itulah empat metode analisis peluang usaha yang dapat dilakukan untuk pengembangan bisnis jika kamu baru merintis. Pastikan untuk menyiapkan segala sesuatunya dengan tepat, ya! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Oct 02, 2021

Lagu di Coffee Shop Membuatmu Tenang? Coba Dengarkan Musik Lo-Fi!


Jakarta, Retinad.com - Kalau otak lagi penat rasanya paling enak...

Lifestyle Mar 20, 2020

5 Tips Terhindar dari Virus Corona selama Nongkrong


Virus Corona sudah mewabah di banyak negara, salah satunya di...

Lifestyle Jan 23, 2022

Bosan di Akhir Pekan? Ini 5 Rekomendasi Game Nintendo Switch untuk Mengisi Waktu Luang


Jakarta, Retinad.com – Nintendo Switch merupakan salah satu game konsol...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.