Lifestyle Feb 23, 2022

Financial Stress: Kekhawatiran Berlebih akan Uang dan Cara Mengatasinya

Jakarta, Retinad.com – Salah satu hal yang paling berdampak dikala pandemi adalah masalah ekonomi. Banyak orang yang akhirnya kehilangan pekerjaan dan mengakibatkan financial stress pada kehidupannya. Kekhawatiran soal keuangan memang merupakan hal wajar, namun jika terus dibiarkan – akan berakibat pada tindak kriminal.

Financial Stress: Kekhawatiran Berlebih akan Uang dan Cara Mengatasinya

Keuangan yang menjadi penunjang hidup sehari-hari tentunya akan membuat siapapun stress mengalaminya. Agar tidak kebingungan dan tidak terjebak dalam financial stress, coba deh simak artikel ini baik-baik!

Memahami Financial Stress

Masalah finansial memang menjadi hal utama yang membuat hidup terasa berat. Menurut Nothern, financial stress adalah ketidakmpapuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan keuangannya. Hal tersebut membuatnya tertekan dan memberikan efek psikologis hingga emosional.

Seberapa berat financial stress yang dialami seseorang dapat diukur dari seberapa kuat respon psikologis orang tersebut terhadap kejadian atau sumber stress keuangan. Berat dan ringannya pun hanya dapat diukur oleh orang yang mengalami sendiri.

Penyebab Financial Stress

Penyebab seseorang mengalami financial stress atau yang disebut financial stressor, disebabkan oleh hal atau peristiwa yang tak terduga. Seperti PHK, kematian, atau hal-hal lain diluar keasadaranmu, seperti gaya hidup yang tidak sejalan dengan penghasilan dan juga kesulitan untuk mengatur keuangan.

Terdapat sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa biaya hidup sebenarnya mudah dan murah untuk didapatkan, hanya saja pengeluaran gaya hidup yang memang besar dan mahal. Hal itu memang sulit dikontrol, karena banyak orang memaksakan diri untuk memenuhi gaya hidup dibandingkan kebutuhan hidup itu sendiri. 

Dampak dari Financial Stress

Ketika seseorang mengalami financial stress, tentunya akan banyak hal yang terjadi. Mulai dari kesehatan, kesejahteraan, akademisi, hingga relasi secara sosial. Dampak psikologis cenderung lebih dominan pada fincancial stress,

Hal ini dikarenakan stress dapat meningkatkan emosional yang akan dimanifestasi dalam banyak bentuk. Seperti dalam pengambulan keputusan. Hal ini akan menuntun perilaku seseorang cenderung impulsif dan buruk, bahkan tidak jarang akan berujung pada tindak kriminal.

Mengatasi Financial Stress

Setelah mengetahui mengenai financial stress, jangan sampai kamu mengalaminya terlebih dahulu. Untuk menghindarinya, kamu dapat menyiapkan anggaran keuangan terlebih dahulu sebagai acuan pengeluaranmu setiap bulan, sehingga kamu dapat mengontrol apa saja yang diprioritaskan. Dengan cara ini, keuanganmu akan lebih seimbang dan tertata.

Jika sudah merancang anggaran, kamu dapat menyisihkan beberapa pendapatanmu untuk menabung. Dengan menabung, tidak akan ada uang yang terhambur dengan sia-sia. Menabung juga menjadi cara agar kamu tidak berhutang secara berlebihan. Jadikan juga uang tabungan sebagai uang daruat yang harus dimiliki, sehingga tidak ada alasan untukmu untuk tidak menabung.

Kamu juga bisa memperbaiki keuangan dengan mulai berinvestasi. Investasi memang menjadi salah satu solusi yang menyelamatkanmu dari kondisi finansial yang buruk. Namun perlu diingat, bahwa investasi dapat dilakukan jika keuanganmu sudah stabil, ya.

Setelah mengetahui financial stress, kamu menjadi lebih paham untuk mengontrol keuanganmu, bukan? Pastikan untuk mengelola keuangan dengan tepat agar tidak terjebak, ya! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Apr 09, 2022

Kembali ke Alam, Simak 4 Tempat Glamping di Bandung yang Menarik Ini


Jakarta, Retinad.com – Bandung merupakan salah satu destinasi wisata yang...

Lifestyle Dec 30, 2022

Menyambut Tahun Baru dengan 5 Kegiatan Seru


Jakarta, Retinad.com – Malam tahun baru selalu menjadi waktu yang...

Lifestyle May 11, 2022

Tidak Perlu Merasa Bosan, Ini 5 Alasan Kamu Harus Berakhir Pekan di Rumah!


Jakarta, Retinad.com – Menghabiskan akhir pekan merupakan waktu yang paling...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.