Digital Marketing Mar 02, 2022

Cara Jitu Menaikkan Penjualan Bisnismu: Sudah Pernah Dengar Decoy Effect?

Jakarta, Retinad.com – Dalam menjalani bisnis, meraih keuntungan sebanyak mungkin memang sudah menjadi rahasia umum. Namun, mewujudkan hal tersebut tentunya bukan hal yang mudah. Kamu harus menerapkan strategi bisnis agar keuntungan berjalan seiring dengan perjalanan bisnismu.

Cara Jitu Menaikkan Penjualan Bisnismu: Sudah Pernah Dengar Decoy Effect?

Decoy Effect merupakan salah satu strategi marketing yang dapat membuatmu mewujudkan angka penjualan yang tinggi, serta dapat meningkatkan keuntungan bisnismu. Untuk lebih jelasnya dan tertarik untuk menerapkannya, simak selengkapnya di bawah ini!

Mengenal Decoy Effect

Decoy Effect menjadi salah satu strategi marketing yang sudah banyak digunakan dalam bisnis. Decoy effect sendiri merupakan strategi marketing psikologi yang membuat calon pembeli memikirkan kembali apa yang dibutuhkan, walaupun sebelumnya telah menentukan pilihan. 

Singkatnya, konsumen akan mendapat beberapa opsi pada sebuah produk, namun akan memilih opsi ketiga karena perbandingan harga yang tidak terlalu jauh dengan opsi pertama ataupun kedua. Dengan harga sedikit lebih mahal, konsumen sudah mendapat keuntungan yang banyak. Tidak heran jika strategi ini mampu menaikkan keuntungan dengan drastis.

Cara Kerja Decoy Effect

Selain harga dan ukuran, Decoy Effect memiliki penawaran yang menarik dan memikat untuk membuat konsumen tertarik untuk membeli. Misalnya kamu membeli sebuah sabun, kamu akan membeli sesuai dengan kebutuhanmu. Namun melihat penawaran dari ukuran kecil, sedang, dan besar hanya memiliki selisih Rp. 2000-, saja.

Penawaran tersebut juga biasanya tercantum dalam kemasan, misalkan seperti “Lebih besar, lebih hemat” dan kalimat-kalimat lain yang membuat konsumen menjadi tergiur. Alhasil, kamu akan memilih ukuran yang lebih besar – meskipun sebenarnya mungkin telah melebihi budget yang dimiliki.

Penerapan Decoy Effect dalam Bisnis

Prinsip konsumen pada umumnya akan selalu sama, yaitu membeli produk dengan semurah mungkin, namun mendapat keuntungan dan manfaat sebesar-besarnya. Bak gayung bersambut, sebagai pebisnis kamu dapat mewujudkan hal ini.

Seperti contohnya jika kamu memiliki kedai kopi, kamu dapat menerapkannya dengan memberikan pilihan ukuran kecil, sedang, dan besar. Dari ketiga ukuran tersebut, kamu dapat memilih selisih harga dari Rp. 20.000, Rp. 25.000, dan Rp.35.000. Pilihan ini akan membuat konsumen berpikir untuk memilih opsi ketiga – karena akan mendapat keuntungan yang lebih besar dengan harga yang juga setara.

Hal ini tidak hanya dapat dimanfaatkan pada bisnis F&B, kamu juga dapat menerapkannya jika memiliki bisnis clothing dengan memberikan paket di setiap pembelian. Misalkan pembelian satuan dengan harga Rp.100.000, namun harga grosir menjadi Rp.90.000. Tentunya pembelian konsumen dengan jumlah banyak akan menambah keuntunganmu.

Setelah mengetahui keuntungan yang didapatkan dari Decoy Effect, apakah kamu akan menerapkannya pada bisnismu? Sebelum menerapkannya, ada lebih baiknya untukmu lebih mengenal konsumen produkmu dengan melakukan riset konsumen. RETINAD dapat membantumu untuk mendapatkan riset konsumen, lho!

Jika ingin menguliknya lebih dalam, silahkan hubungi kontak yang berada di akhir laman dan dapatkan tawaran menariknya! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Mar 29, 2022

Ramai Dibincangkan, Apakah Affiliate Marketing benar Menguntungkan?


Jakarta, Retinad.com – Istilah Affiliate Marketing beberapa waktu ke belakang...

Digital Marketing Sep 15, 2021

Agar Bisnis Lancar, Simak Cara Marketing Menarik Lewat Instagram Di Sini!


Jakarta, Retinad.com – Tidak bisa dipungkiri kalau Instagram menjadi platform...

Digital Marketing May 23, 2022

Google Lighthouse: Tools Google yang Dapat Membantu Menaikkan Performa Website


Jakarta, Retinad.com – Dalam mengelola website untuk bisnis, penting tentunya...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.