Digital Marketing Mar 07, 2022

Paid Promote dan Endorse: Dua Hal Berbeda yang Sering Dikira Sama

Jakarta, Retinad.com – Menjamurnya profesi influencer atau reviewer menghadirkan cara baru untuk mempromosikan bisnis. Cara tersebut di antaranya adalah paid promote dan endorse. Pasti kamu sendiri sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini, bukan?

Paid Promote dan Endorse: Dua Hal Berbeda yang Sering Dikira Sama

Kedua cara tersebut menjadi teknik marketing yang lazim digunakan – dan juga sudah terbukti efektif untuk menaikan penjualan. Meskipun sekilas terlihat sama, kedua hal ini memiliki pengertian yang berbeda, lho

Agar lebih paham dan membuat bisnismu menjalankan cara pemasaran yang tepat, pastikan kamu memahami artikel di bawah ini dengan baik!

Memahami Paid Promote & Endorser

Jika diartikan secara definisi, paid promote merupakan promosi yang dilakukan secara berbayar. Dalam istilah bisnis sendiri, paid promote merupakan promosi yang dilakukan oleh influencer, reviewer, atau selebritas untuk menyampaikan informasi atau kampanye sebuah brand – yang brief-nya telah diberikan terlebih dahulu.

Sedangkan endorser merupakan bentuk iklan dengan memanfaatkan jasa dari influencer, reviewer, atau selebriti yang memiliki massa yang banyak. Massa tersebut tentunya punya segmentasi sendiri, sesuai dengan branding yang dimiliki sang endorser. Seperti gamers, beauty influencer, food vlogger, dan lain-lain. Endorse dilakukan untuk mendapat pengakuan, rasa hormat, dan awareness. Endorse sendiri tidak memberikan brief, semua dilakukan sesuai dengan influencer, reviewer, atau selebriti tersebut.

Cara Promosi yang Berbeda

Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama – yaitu promosi, namun keduanya memiliki cara yang berbeda. Sistem paid promote akan mengunggah gambar atau video lengkap dengan caption atau script yang telah dibuat. Dalam sistem ini, brand akan mengirimkan materi promosi dan membayar tarif sesuai dengan yang disepakati. Adapula brand yang mengirimkan produk untuk diulas influencer.

Sedangkan untuk endorse, promosi dilakukan dengan mengirimkan produk kepada mereka yang telah diajak bekerja sama. Produk nantinya akan diulas oleh endorser sehingga konten dibuat tanpa script. Endorse menggunakan konsep barter – dengan mengirimkan barang, maka endorser akan membuat ulasan produk tersebut.

Harga yang Lebih Beragam

Yang menjadi perbedaan dari paid promote dan endorse adalah dari harganya sendiri. Dalam paid promote, harga yang tercantum sesuai dengan kesepakatan yang dibuat. Pengiklan atau brand tidak memiliki kewajiban untuk memberikan hal-hal lain diluar yang telah disepakati.

Sedangkan endorse sendiri melakukan pembayaran melalui barter produk. Meskipun begitu, endorser juga dapat menerima bayaran berupa kombinasi antara uang dan produk yang dikirimkan, sesuai dengan nilai dan jumlah yang telah disepakati. Harga dari endorse biasanya tergantung dari konten yang akan dibuat, jadi tidak ada fix price. 

Itulah perbedaan yang dimiliki oleh paid promote dan endorse. Apakah kamu sudah memahaminya? Jadi, untuk bisnismu sendiri – kamu akan memilih yang mana? (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Dec 02, 2021

Lakukan Pembaharuan, Ini Fitur Baru Instagram yang Dapat Dimanfaatkan Bisnismu


Jakarta, Retinad.com – Instagram menjadi platform dengan pengguna tertinggi saat...

Digital Marketing Feb 11, 2022

Viewers Masih Kurang? Ini Tips Agar Videomu Masuk FYP TikTok!


Jakarta, Retinad.com – TikTok menjadi salah satu sosial media yang...

Digital Marketing Apr 02, 2020

Digital Marketing Hacks yang Bisa Diterapkan untuk Brand Kamu!


Ada loh beberapa hacks seputar dunia digital marketing yang bisa...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.