Digital Marketing Apr 04, 2022

5 Jenis Sosial Media yang Dapat Membuat Bisnis Berkembang: Kenali untuk Bisnismu!

Jakarta, Retinad.com – Berbagai sosial media seringkali dimanfaatkan untuk menunjang keberlangsungan bisnis. Namun, apakah kamu tahu – bahwa tidak semua sosial media cocok untuk bisnismu, lho!

5 Jenis Sosial Media yang Dapat Membuat Bisnis Berkembang: Kenali untuk Bisnismu!

Kamu harus mengetahui sifat dan tipe dari sosial media tersebut sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan sosial media untuk menunjang bisnismu. Tidak semua sosial media harus digunakan, namun pergunakanlah yang sesuai dengan bisnismu.

Jika masih bingung, cobalah untuk simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Mengenal Platform Sosial untuk Berinteraksi

Sosial media dipergunakan sebagai social network yang bertujuan untuk membantu kamu terhubung dengan konsumen atau bahkan calon klien. Di platform ini, kamu dapat membangun komunitas yang dapat dimanfaatkan untuk berbagi ide dan informasi.

Sebelum menentukan social network-nya, ada baiknya kamu melakukan market research terlebih dahulu, agar kamu mengetahui sosial media yang digunakan akan dimanfaatkan untuk menyebarkan brand awareness, personal branding, atau kebutuhan lain. Sosial media yang dapat dimanfaatkan adalah Facebook, Twitter, serta LinkedIn.

Aplikasi Berbasis Pesan sebagai Bentuk Responsif

Aplikasi berbasis pesan yang digunakan untuk mengirim pesan secara personal. Pada bisnis, aplikasi yang sering dimanfaatkan adalah Whatsapp dan Line. Aplikasi pesan tidak hanya memiliki fitur untuk pesan secara personal saja, kamu dapat mengirimkan pesan broadcast ke banyak orang, serta fitur chatbot untuk membalas pesan secara otomatis agar pelaku bisnis mudah menyelesaikan transaksi.

Pemilik bisnis akan menggunakan aplikasi pesan untuk menanggapi pertanyaan, melayani konsumen, dan menyelesaikan keluhan konsumen. Selain itu, kamu dapat menggunakan aplikasi pesan untuk memabgiakn update dari bisnismu pada konsumen sebagai langkah pendekatan personal.

Platform berbagi Foto dan Video

Platform yang dapat dimanfaatkan untuk membagikan foto dan video merupakan Instagram dan Youtube. Kedua aplikasi ini disebut sebagai platform media sharing. Biasanya, aplikasi sejenis ini akan dimanfaatkan para pengusaha untuk memperkenalkan bisnisnya.

Platform media sharing dapat digunakan oleh bisnismu untuk mempromosikan barang atau jasa dalam bentuk visual. Dengan visual yang bagus, menarik, serta mudyah dimengerti, para calon konsumen akan tertarik pada bisnismu.

Aplikasi untuk Berinteraksi

Platform yang saat ini sedang banyak digunakan serta menjadi tren di 2020 hingga saat ini adalah TikTok. Keberuntungan yang dibawa oleh TikTok ke dalam ranah bisnis memang sedikit banyak dapat dirasakan. 

Aplikasi yang banyak digunakan oleh Gen-Z ini cocok untukmu yang ingin membangun brand dengan menciptakan citra yang kekinian serta interaktif. Meskipun melalui video yang singkat, TikTok dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produkmu. Kamu juga dapat memanfaatkan influencer TikTok atau TikTokers untuk mempromosikan produkmu.

Platform untuk Berbelanja Online

Jika sebelum pandemi banyak orang yang lebih senang berbelanja ke toko secara langsung, pandemi membuat perilaku konsumen menjadi berubah dengan lebih banyak berbelanja secara online. Keterbatasan ini secara tidak langsung membuat teknologi digital menjadi lebih berkembang.

Saat semua orang dapat membeli secara online, maka kamu harus beradaptasi pula dengan hal ini. Pastikan bisnismu memanfaatkan penggunaan e-commerce dengan baik. Maka dari itu, kamu harus mengoptimalkan platform ini agar konsumen dapat tertarik dan membeli produkmu.

Media sosial dapat membantumu berelasi dengan konsumen atau klien. Selain itu, kehadiran bisnismu dalam dunia digital juga akan berpotensi menguntungkan bisnismu. Jika kamu masih bingung ingin menggunakan sosial media yang mana, cobalah bekerja sama dengan RETINAD!

Karena RETINAD akan membantumu untuk melakukan riset konsumen dan dapat menyesuaikan kebutuhan riset sesuai dengan bisnismu. Agar digital marketingmu dapat berjalan dengan lancar, cobalah hubungi kontak di akhir laman ini dan berkonsultasilah dengan RETINAD! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Mar 26, 2020

6 Tips Mudah Tingkatkan Penjualan Bisnis Via Instagram


Bagaimana cara meningkatkan penjualan bisnis via instagram? Hal-hal apa saja yang...

Digital Marketing Oct 27, 2021

Mengoptimalkan Konten Marketing dengan 4 Cara Paling Relevan


Jakarta, Retinad.com – Optimalisasi konten marketing memang menjadi hal yang...

Digital Marketing Jul 25, 2022

Yuk, Berkenalan dengan Emotional Marketing agar Bisnis Semakin Tepat Sasaran


Jakarta, Retinad.com – Promosi yang dilakukan setiap bisnis memiliki cara...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.