Digital Marketing Mar 29, 2022

Ramai Dibincangkan, Apakah Affiliate Marketing benar Menguntungkan?

Jakarta, Retinad.com – Istilah Affiliate Marketing beberapa waktu ke belakang sedang banyak diperbincangkan. Secara umum, affiliate marketing merupakan penggunaan afiliasi yang digunakan untuk menjual suatu produk atau jasa kepada konsumen dari pihak ketiga. Pihak ketiga ini akan berperan selayaknya sales untuk menjual afiliasi pada konsumen.

Ramai Dibincangkan, Apakah Affiliate Marketing benar Menguntungkan?

Namun, sebenarnya apa yang membuat affiliate marketing ramai diperbincangkan? Apakah dampaknya pada bisnis cukup berperan penting untuk menaikkan penjualan? Agar lebih memahaminya, yuk, simak artikel ini sampai habis!

Memahami Affiliate Marketing

Menurut perusaan marketing asal Amerika Ternama – yaitu CJ Affiliate, Affiliate Marketing merupakan salah satu bentuk promosi produk atau jasa yang terdiri dari tiga sisi, yaitu Merchant atau kreator – penjual itu sendiri, afiliator, dan juga konsumen.

Merchant sebagai pemegang kepemilikan asal produk akan meminta bantuan pada afiliator sebagai publisher untuk mempengaruhi orang-orang untuk membeli produk yang ditawarkannya. Afiliator nantinya akan mengajak calon konsumen untuk melakukan pembelian dan menjadi konsumen dari produk yang ditawarkan. 

Jenis Afiliator dari Affiliate Marketing

Jenis dari afiliator pun berbeda-beda dan tentunya memiliki peran yang juga berbeda, terdapat tiga jenis afiliator yang perlu diketahui, yaitu:

  1. Influencer

Influencer merupakan seorang afiliator yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi keputusan pembelian yang ada di masyarakat akan penawaran yang dilakukan. Seorang influencer biasanya memiliki pengikut loyal, sehingga mudah baginya untuk mendapatkan konsumen pada produk yang ditawarkan. Biasanya influencer melakukan penawaran melalui sosial media.

  1. Blogger

Blogger merupakan seorang pembuat konten, mulai dari penulis blog, hingga video blog atau vlogger Youtube ataupun sosial media lainnya. Blogger memiliki keunggulan untuk meningkatkan konversi penjualan dari produk yang ditawarkan. Blogger biasanya akan melakukan uji coba terhadap produk yang ditawarkan, memberikan ulasan, dan melakukan promosi. Cara lebih mendalam dilakukan oleh blogger sebagai afiliator karena mempromosikan produk setelah melakukan pengulasan.

  1. Website

Website merupakan situs yang dirancang khusus untuk memasarkan produk yang sesuai dengan situs yang telah dirancang khusus untuk memasarkan sebuah produk sesuai pada konten yang dibuat. 

Kelebihan dan Kekurangan Affiliate Marketing

Kelebihan dari Affiliate Marketing sendiri sebenarnya cukup menguntungkan, karena hanya memerlukan modal yang kecil dan tidak membutuhkan modal sama sekali. Afiliator juga sangat mudah untuk dimulai serta ditentukan, industrik keuntungan yang akan didapatkan pun cukup besar untuk bidang yang fleksibel.

Untuk kekurangannya sendiri, affiliate marketing menghasilkan penghasilan yang berasal dari komisi, sehingga pemasukannya tidak tetap. Namun, kamu juga membutuhkan kesabaran serta kerja keras agar afiliasi dapat berjalan dengan sukses. Selain itu, affiliate marketing harus bersaing dengan marketer lain sehingga persaingan akan semakin ketat. 

Setelah mengetahui affiliate marketing, apakah kamu akan menjalankan ini pada bisnismu? Pertimbangkan dengan matang keuntungan dan kelebihan yang akan diambil ya! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Apr 12, 2022

Selain Memanjakan Konsumen, Ini 5 Tips Menarik ala Starbucks!


Jakarta, Retinad.com – Starbucks sangat terkenal sebagai kedai kopi yang...

Digital Marketing Mar 11, 2022

Agar Lebih Efektif, Ini 5 Tips untuk Memasang Iklan di Google


Jakarta, Retinad.com – Beriklan secara digital menggunakan Google Ads memang...

Digital Marketing Nov 01, 2022

Mengenal Dua Samudera dalam Bisnis: Red dan Blue Ocean Strategy


Jakarta, Retinad.com – Marketing menjadi salah satu hal penting dalam...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.