Lifestyle Oct 14, 2022

5 Destinasi Wisata di Kota Tua Jakarta yang Anti Mainstream

Jakarta, Retinad.com – Kawasan Kota Tua Jakarta merupakan salah satu wilayah yang populer dan menjadi destinasi utama Ibu Kota. Daya tarik utama dari Kota Tua adalah bangunan peninggalan kolonial Belanda yang masih berdiri kokoh dengan arsitektur indah dan juga histori di dalamnya.

5 Destinasi Wisata di Kota Tua Jakarta yang Anti Mainstream

Bagi sebagian orang, kawasan Kota Tua hanya museum Fatahillah saja. Eits, padahal masih banyak destinasi yang bisa kamu temukan di kawasan ini, lho! Terdapat beberapa spot dan tempat wisata yang dapat dikunjungi selain museum Fathahilah. 

Simak selengkapnya di bawah ini untuk menjadi referensi akhir pekanmu ya!

  1. Toko Merah

Di antara bangunan penuh sejarah di kawasan Kota Tua, bangunan Toko Merah merupakan salah satu bangunan yang paling mencolok. Memiliki warna merah yang menjadi ciri khas, toko yang satu ini menjadi saksi bisu historis dari ekonomi dan bisnis di kawasan Pecinan Glodok.

Bangunan ini sudah berdiri sejak ratusan tahun dan berpindah tangan – mulai dari Kolonial, Tionghoa, hingga Pemerintah. Memiliki bangunan yang cukup menarik, banyak wisatawan berkunjung hanya untuk berwisata foto untuk mengabadikan momen di depan Toko Merah ini. 

  1. Café Batavia

Kafe yang satu ini berlokasi di dekat Museum Fatahillah. Kafe ini juga merupakan bangunan peninggalan Belanda yang memiliki hirtoris cukup terkenal karena dikenal sebagai pusat kuliner nikmat di Jakarta. 

Kafe ini memiliki penataan yang baik, unik, serta antik. Tidak heran jika kafe yang satu ini menjadi salah satu kafe yang cukup populer di Jakarta. Mulai dari western food hingga masakan khas Indonesia bisa kamu temukan di sini. Cocok banget deh untuk mengajak pelancong ke tempat ini!

  1. Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan merupakan jembatan tertua yang ada di Indonesia. Jembatan ini dibangun di tahun 1628 oleh pemerintah VOC dan memiliki nama awal Engelse Burg atau Jembatan Inggris. Jembatan ini juga pernah dihancurkan dan berganti nama berkali-kali sebelum akhirnya menjadi Jembatan Kota Intan saat ini.

Jembatan ini juga dulu sempat digunakan sebagai pasar ayam bagi penduduk Batavia pada zamannya. Memiliki warna merah gelap dengan arsitektur yang unik dan sangat bagus untuk dijadikan latar foto. 

  1. Pelabuhan Sunda Kelapa

Sebagai salah satu pelabuhan yang ada di Kota Jakarta, pelabuhan ini sudah dikenal sejak abad ke-12 dan memiliki peran yang tinggi pada perdagangan di Indonesia. Pada era masuknya Eropa ke Indonesia, pelabuhan ini diperebutkan oleh kerajaan Nusantara dan Eropa.

Saat mengunjungi kawasan ini, kamu akan menemukan aktivitas bongkar muat barang dari kapal-kapal yang berlabuh di pelabuhan ini. Jika kamu datang di pagi atau sore hari, kamu akan melihat pemandangan indah dari matahari terbit atau tenggelam. Cocok banget untuk menikmati waktu sambil berswafoto di sini!

  1. Museum Bahari

Tidak jauh dari Pelabuhan Sunda Kelapa, kamu akan menemukan Museum Bahari yang telah berdiri sejak 1652 dan penambahan bangunan di 1771. Sejak awal kehadirannya, bangunan ini digunakan sebagai gudang. Saat ini, museum ini digunakan untuk mempelajari kemaritiman hingga melihat armada pertahanan laut Indonesia tempo dulu.

Koleksi yang berada di museum ini cukup beragam untuk dipelajari. Selain itu, bangunan yang telah diperbaiki ini memiliki arsitektur yang menarik. Selain belajar, kamu juga bisa mengabadikan momen yang manis di tempat ini.

Itulah kelima tempat yang dapat dikunjungi di Kawasan Kota Tua selain museum Fatahilah sebagai referensi akhir pekanmu. Tempat mana yang berhasil menarik perhatianmu? (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Nov 27, 2021

Siap Menemani Weekend-mu, Ini 6 Film Spin-off Indonesia yang Wajib Ditonton!


Jakarta, Retinad.com – Tidak terasa, weekend sudah kembali datang. Artinya...

Lifestyle Jan 22, 2022

Berakhir Pekan dengan Berkunjung ke 5 Tempat Makan Menarik di PIK


Jakarta, Retinad.com – PIK atau pantai indah kapuk menjadi salah...

Lifestyle Apr 17, 2020

4 Cara Mudah Berpikir Positif Kala Pandemi COVID-19 Selalu Menghantui Kamu!


COVID-19 memang akan terus menghantui kamu, namun gimana sih caranya...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.