Digital Marketing Dec 27, 2022

Meyambut Tahun Baru, Kenali Social Media Tren 2023 untuk Media Plan-mu!

Jakarta, Retinad.com – Tahun baru sudah di depan mata. Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk menyambut tahun baru pasti kamu akan menyusun resolusi di tahun selanjutnya untuk dicapai. Begitu pula dengan social media marketing – tentunya kamu perlu merancang strategi di 2023 mendatang.

Meyambut Tahun Baru, Kenali Social Media Tren 2023 untuk Media Plan-mu!

Meskipun tidak jauh berbeda, tren di 2023 harus disusun dengan baik. Agar strategi yang disusun tepat dan efektif, yuk kenali social media trend di tahun 2023 mendatang!

  1. Riding the Trend TikTok

Saat ini, TikTok menjadi salah satu media social media marketing yang cukup kuat. Sepertinya, hal ini masih akan terus berkembang di tahun 2023 mendatang. Pengguna aktif TikTok saat ini lebih banyak dibandingkan media sosial lainnya.  Penggunanya pun mulai dari Gen Z, hingga baby boomer.

Selain untuk riding the trend dengan kontennya, kamu juga harus mulai beradaptasi dengan kehadiran TikTok Shop. Popularitas TikTok ini perlu dipertimbangkan oleh setiap pelaku bisnis untuk menjangkau target yang lebih luas.

  1. Social Media Ads

Tren social media marketing 2023 selanjutnya adalah dengan memaksimalkan kembali social media ads. Sebagai bisnis, kamu harus mengusahakan pertumbuhan secara organik untuk strategi marketingmu. Namun, mengingat algoritma sosial media seringkali berubah-ubah, penting untukmu mulai menggunakan social media ads.

Sebagai brand, kamu perlu bersaing agar konten yang dibuat dapat menjangkau target audiens dengan lebih luas dan tepat. Maka dari itu, peran paid advertising tetap dibutuhkan dalam social media trend 2023.

  1. Augmented Reality (AR)

Kehadiran Metaverse menghidupkan nama AR melambung tinggi. Pengintegrasian teknologi AR dengan media sosial tidak hanya menambah experience pengguna, namun juga menjadi alat bantu bagi bisnis untuk menjalankan kampanyenya agar terlihat menarik.

Melihat fenomena ini, penting bagi bisnismu untuk ikut tap-in di social media trend 2023 ini. Kamu bisa menerapkannya dengan membuat filter kuis, game, atau contoh produk dengan memanfaatkan media sosial bisnismu. Jika AR-mu menarik, maka akan lebih banyak audiens yang terjangkau oleh bisnismu. Tentunya, hal ini juga dapat meningkatkan penjualan bisnismu.

  1. Integrasi Social Commerce & Live Streaming

Semenjak Pandemi, social commerce mulai bermunculan di media sosial – contohnya TikTok dan Instagram. Dengan adanya fitur ini, kamu perlu menyadari bahwa hal inilah yang membuat bisnismu lebih berkembang. Meskipun sudah ada social commerce, kamu harus mengembangkan cara menarik untuk mempromosikannya – seperti dengan membuat live streaming.

Live streaming dalam social commerce sudah menjadi hal yang cukup populer di 2022 ini. Live streaming akan membuat audiens melihat kondis nyata dari sebuah produk dan berinteraksi secara langsung. Sepertinya, di tahun 2023 mendatang hal ini masih menjadi trend yang harus bisnismu terapkan. 

  1. Nano Influencer Marketing

Influencer marketing terdiri dari istilah macro, micro, dan nano. Sebagai marketer tentunya kamu sudah memahami hal ini bukan? Dalam social media trend 2023, kamu harus memperhatikan kehadiran nano influencer. Meskipun kategorinya masih kecil – atau pemula, mereka dapat menciptakan komunitas untuk bisnismu.

Kekuatan seorang nano influencer bukan dari kesuksesan campaign yang dijalani, namun karena review yang diberikan akan lebih jujur dan terasa natural bagi para pengikutnya. Sehingga dapat memiliki komunitasnya sendiri.

Kelima social media trend 2023 yang akan hadir, pastikan kamu memaksimalkannya dengan baik untuk bisnismu, ya! Jika kesulitan untuk tap-in dengan trend di atas, cobalah hubungi RETINAD. Karena RETINAD akan membantu bisnismu mencapai target audiens yang lebih luas dengan cara menarik! (PRIL/RETINAD)

 


Categories

RELATED ARTICLES

Digital Marketing Mar 31, 2020

Tips Sukses Berjualan Lewat Fitur Katalog di WhatsApp


Aplikasi WhatsApp mempunyai fitur katalog yang bisa dimanfaatkan pebisnis untuk...

Digital Marketing Apr 04, 2022

5 Jenis Sosial Media yang Dapat Membuat Bisnis Berkembang: Kenali untuk Bisnismu!


Jakarta, Retinad.com – Berbagai sosial media seringkali dimanfaatkan untuk menunjang...

Digital Marketing Apr 02, 2020

Digital Marketing Hacks yang Bisa Diterapkan untuk Brand Kamu!


Ada loh beberapa hacks seputar dunia digital marketing yang bisa...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.