News and Event Nov 10, 2021

Peringati Hari Pahlawan dengan Berkunjung ke 5 Wisata Edukasi Ini!

Jakarta, Retinad.com – Sebelum menjadi negara yang maju seperti saat ini, Indonesia sudah terlebih dahulu mengalami masa sulit dan terlepas dari penjajahan. Melepaskan sebuah negara untuk terlepas dari penjajahan tentunya bukan hal yang mudah, untuk itu jasa para pahlawan sudah seharusnya tetap dikenang.

Peringati Hari Pahlawan dengan Berkunjung ke 5 Wisata Edukasi Ini!

Untuk mengenang jasa para pahlawan, di tanggal 10 November ini menjadi peringatan hari pahlawan nasional. Tidak hanya sekedar mengenang, perayaan hari ini menjadi salah satu momentum untuk kita menghargai jasa para pahlawan yang sudah gugur dalam perjuangannya.

Memaknai hari pahlawan dapat dilakukan dengan kegiatan menarik – salah satunya dengan melakukan wisata edukasi ke beberapa tempat di bawah ini. Pastikan untuk membacanya sampai habis ya!

Museum Joang 45

Salah satu wisata edukasi yang dapat dikunjungi di Jakarta adalah Museum Gedung Joang 45 yang berada di Jl. Menteng Raya, No.31, Kebun Sirih, Jakarta Pusat. Museum ini menjadi salah satu wisata edukasi bersejarah – karena di dalamnya kamu akan menemukan banyak cerita bagaimana Proklamasi Kemerdekaan RI tercipta.

Napak tipas Proklamasi Kemerdekaan RI ini menyajikan miniatur perjuangan Indonesia hingga mobil dinas resmi yang dimiliki oleh Presiden dan Wakil Presiden RI pertama kali. Dengan berkunjung ke museum ini, rasa nasionalismemu akan bangkit deh!

Wisata Museum Sejarah Fatahillah

Bagi warga Jakarta, museum Sejarah Fatahillah bukan lagi menjadi wisata yang asing. Museum yang sering juga disebut dengan Museum Batavia ini terletak di kawasan Kota Tua, Jakarta. Museum ini menampilkan sejarah Jakarta dari pra-sejarah hingga berdirinya kota Jayakarta di tahun 1527.

Di museum ini, kamu akan menemukan banyak benda bersejarah penting – seperti prasasti Ciaruteun, Meriam Jagur, mebel antik dari abad ke-17 hingga 19 dengan perpaduan gaya eropa, tiongkok, serta Indonesia. Di museum ini kamu tidak hanya mengenang para pahlawan, namun juga mempelajari budaya dari Jakarta itu sendiri.

Tugu Proklamasi

Memaknai hari pahlawan tidak hanya berkunjung ke museum, kamu juga dapat mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah tugu proklamasi yang merupakan tugu yang dibangun di lokasi bekas rumah Presiden Soekarno.

Rumah yang dahulunya ditempati oleh proklamator ini terdapat sebuah taman yang didalamnya terdapat monumen dan tugu mengenai Kemerdekaan RI. Jika berkunjung ke wisata edukasi ini, kamu akan belajar, menikmati taman, serta memaknai perjuangan dari proklamator ini sendiri.

Museum Bahari 

Salah satu tempat bersejarah yang dapat dikunjungi untuk wisata edukasi adalah Museum Bahari Jakarta. Museum yang dulunya merupakan kompleks gudang milik VOC ini dulu digunakan sebagai tempat penyimpanan rempah, kopi, the, tembaga, tekstil, dan lain-lainnya.

Selain menceritakan bagaimana kedudukan VOC di Indonesia, museum ini juga sudah direvitalisasi menjadi sangat apik. Selain untuk wisata, museum ini juga cocok untuk kamu ber-hunting foto ria!

Monumen Nasional

Untuk wisata edukasi yang satu ini sih sudah tidak perlu diragukan lagi eksistensinya, Monumen Nasional atau yang biasa disebut Monas ini merupakan wisata edukasi di Jakarta yang sekaligus merupakan ikon kota Jakarta itu sendiri.

Di Monas, kamu dapat mengenang perlawanan dan perjuangan para pahlawan dan juga masyarakat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajahan. Selain itu, kamu juga dapat menikmati kota Jakarta dari ketinggian 132 meter. 

Itulah 5 wisata edukasi di Jakarta yang dapat dikunjungi untuk mengenang jasa para pahlawan dan memaknai sejarah sendiri. Kira-kira, wisata edukasi mana nih yang ingin kamu kunjungi? (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

News and Event Mar 01, 2022

Tidak Hanya Krung Thep Maha Nakhon, Ini Nama Kepanjangan Bangkok!


Jakarta, Retinad.com – Baru-baru ini, Media diramaikan dengan penggantian nama...

News and Event Feb 02, 2022

Segera Dirilis, Whatsapp akan Buat Fitur Transfer Chat dari Android ke Whatsapp!


Jakarta, Retinad.com – Saat ini, hampir seluruh orang menggunakan Whatsapp...

News and Event Nov 06, 2021

Google Calendar Hadirkan Fitur 'Focus Time': Membantu Time Management, Lho!


Jakarta, Retinad.com – Permasalahan yang seringkali dialami oleh orang yang...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.