Lifestyle Dec 28, 2021

Anti Boros, Anti Kalap, Terapkan 5 Tips Ini Saat Belanja Akhir Tahun

Jakarta, Retinad.com – Akhir tahun menjadi momentum yang paling dinantikan oleh hampir sebagian besar orang. Selain karena memasuki musim liburan, Desember juga menjadi bulan yang sangat membahagiakan karena akan banyak penawaran yang hadir.

Anti Boros, Anti Kalap, Terapkan 5 Tips Ini Saat Belanja Akhir Tahun

Belanja akhir tahun atau year end sale memang selalu menarik perhatian. Ditambah lagi kehadiran 12.12 yang dimaknai sebagai Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional. Penawaran ini tentu sangat menarik, namun tentunya bukan hal yang baik jika keinginan berbelanja terus dituruti.

Cash flow yang goyah akibat belanja akhir tahun memang tidak akan terkendali jika diteruskan. Namun, kamu harus memperhatikan hal itu agar finansial tetap stabil. Lalu, bagaimana cara mengendalikan diri saat belanja akhir tahun? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Menyadari Jumlah Uangmu

Ketika tergiur untuk berbelanja saat melihat penawaran atau diskon, sebaiknya kamu mengontrol diri dengan mengingat seberapa jumlah uang yang dimiliki. Dengan mengingat dan menyadari hal tersebut, kamu menjadi lebih sadar untuk membeli hal-hal yang sekiranya sedang promo namun urgensinya rendah.

Bagi Keuangan di Saat Tertentu

Mengingat belanja akhir tahun sangat tidak terduga, ada baiknya kamu menyisihkan uang dengan cara membaginya di saat-saat tertentu. Menyadari jumlah uang yang dimiliki dan membaginya di waktu-waktu tertentu terbukti efektif untuk membuat keuangan lebih terencana.

Pastikan juga untuk membayar segala kewajiban dan hal-hal rutin terlebih dahulu baru membaginya untuk hal-hal lain seperti berbelanja. Karena ketika membaginya terlebih dahulu sebelum mulai belanja akhir tahun ya!

Berbelanja Keperluan Harian dengan Promo

Agar lebih efisien, kamu juga dapat belanja akhir tahun dengan membeli kebutuhan harian yang dibutuhkan. Dengan membeli keperluan harian dengan promo, kamu akan lebih mengirit keuangan yang dimiliki.

Lakukanlah perhitungan terlebih dahulu sebelum berbelanja, agar keuanganmu juga tidak tercampur antara belanja keperluan harian dan keinginan yang ingin dibelanjakan. Rencanakanlah dengan baik sebelum mulai berbelanja ya!

Jangan Belanja karena Takut Menyesal

Salah satu dorongan yang biasa dilakukan untuk belanja akhir tahun adalah karena adanya rasa takut menyesal karena terlewat penawaran menarik yang ada. Pada kenyataannya, kamu tidak perlu khawatir menyesal dan memaksakan diri untuk berbelanja karena diskon yang ditawarkan.

Jangan sampai kamu membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan hanya sekedar membeli karena merasa tertinggal diskonnya. Jika memang belum perlu, lebih baik tinggalkan dan jangan memaksakan diri untuk membeli ya!

Lakukan Pengulasan Kembali pada Keuanganmu

Setiap akhir bulan, ada baiknya kamu untuk melakukan pengulasan kembali atas uang yang sudah dikeluarkan. Pastikan kamu tetap memantau pengeluaran agar terus tekontrol. Karena sudah penghujung tahun, ada baiknya juga kamu melakukan review tahunan atas pengeluaran tersebut.

Itulah tips belanja akhir tahun yang dapat dilakukan agar pengeluaranmu tetap stabil dan tidak tergiur penawaran belaka. Yuk, segera terapkan hal ini agar di tahun selanjutnya kamu dapat lebih bijak dalam mengelola keuangan! (PRIL/RETINAD)


Categories

RELATED ARTICLES

Lifestyle Jan 06, 2022

Penuhi Resolusi Tahun Baru, Kenali 3 Aplikasi Crypto untuk Investasi Ini!


Jakarta, Retinad.com – Cryptocurrency sepanjang tahun 2021 memang dinilai memiliki...

Lifestyle Mar 06, 2022

5 Kegiatan di Akhir Pekan yang Membuat Harimu Lebih Menyenangkan


Jakarta, Retinad.com – Akhir pekan merupakan hari yang sangat ditunggu...

Lifestyle Dec 23, 2022

Selain Mall, 4 Tempat Liburan ini Bisa jadi Destinasi Akhir Tahunmu, Lho!


Jakarta, Retinad.com – Akhir pekan menjadi waktu yang menyenangkan untuk...

LATEST ARTICLES

Digital Marketing Feb 22, 2024

Antara Etika dan Efektivitas: Eksplorasi AI dalam Dunia Politik


Selama Pemilu 2024, partai politik dan calon presiden memanfaatkan AI...

Technology Jan 13, 2023

Capai Resolusi, SpaceX Berencana Hadirkan Koneksi Internet Starlink ke Ponsel


Jakarta, Retinad.com – Penggunaan internet di era serba maju ini...

Digital Marketing Jan 17, 2023

Punya Bisnis Kuliner? Kamu Wajib Terapkan 5 Trik ini!


Jakarta, Retinad.com – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup...

promo-special

Beriklan di Retinad?

Banyak brand telah mencoba. Raih pengunjung nyata yang memiliki daya beli, bukan sekedar kira-kira.